KAJIAN KARAKTERISTIK PENGGANTIAN GUGUS FUNGSI PADA ANTOSIANIN SEBAGAI SENYAWA DYE PADA DSSC TIO2 MENGGUNAKAN DFT/TDDFT

FUAD AWAL HAFIZH, NIM.10630010 (2016) KAJIAN KARAKTERISTIK PENGGANTIAN GUGUS FUNGSI PADA ANTOSIANIN SEBAGAI SENYAWA DYE PADA DSSC TIO2 MENGGUNAKAN DFT/TDDFT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN KARAKTERISTIK PENGGANTIAN GUGUS FUNGSI PADA ANTOSIANIN SEBAGAI SENYAWA DYE PADA DSSC TIO2 MENGGUNAKAN DFT/TDDFT)
10630010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN KARAKTERISTIK PENGGANTIAN GUGUS FUNGSI PADA ANTOSIANIN SEBAGAI SENYAWA DYE PADA DSSC TIO2 MENGGUNAKAN DFT/TDDFT)
10630010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sel surya yang banyak digunakan adalah dye synthesized solar cell (DSSC). Material penyusun DSSC yaitu substrat kaca ITO, TiO2, elektroda karbon dan dye alami. Antosianin merupakan dye yang sering digunakan dalam pembuatan DSSC karena memiliki nilai efisiensi yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh penggantian gugus fungsi CF3, NO2, CN sebagai gugus fungsi penarik elektron dan gugus fungsi CH3, CHCH3 sebagai gugus fungsi pendorong elektron pada antosianin sebagai DSSC TiO2 berdasarkan parameter jarak ikatan, energi ikat, orbital molekul dan spektra serapan. Penelitian ini menggunakan metode komputasi untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, hemat biaya, hemat waktu dan tenaga. Metode yang digunakan dalam komputasi ini yaitu DFT/TDDFT dengan basis set 6-31G*. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi penggantian gugus fungsi pada dye dalam DSSC. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengaruh penggantian gugus fungsi terhadap karakteristik antosianin sebagai senyawa dye pada DSSC TiO2 dimana variasi gugus fungsi yang memiliki pengaruh terbesar terhadap karakteristik antosianin sebagai DSSC TiO2 adalah CH3. Berdasarkan parameter dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa CH3 mempunyai jarak ikat yang lebih pendek, energi pembentukan yang lebih sedikit, spektra serapan lebih banyak jika dibandingkan dengan sianidin tanpa penggantian gugus fungsi dan penggantian gugus fungsi lainnya. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: sianidin, orbital molekul, DFT/TDDFT
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Mar 2017 13:39
Last Modified: 31 Mar 2017 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum