PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 5 YOGYAKARTA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA

Lisa Ayu Wulandari, NIM. 12690003 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 5 YOGYAKARTA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 5 YOGYAKARTA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA)
12690003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 5 YOGYAKARTA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA)
12690003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar fisika siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta pada materi Termodinamika. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang berupa model pembelajaran Reciprocal Teaching dan variabel terikat yang berupa hasil belajar dan minat belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI sebanyak enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar yang terdiri atas pretest dan posttest dan lembar angket minat belajar fisika. Teknik analisis data soal pretest-posttest dan angket minat belajar fisika menggunakan statistik deskriptif dan formula N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi termodinamika dengan model Reciprocal Teaching ditunjukkan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,56. (2) terdapat peningkatan minat belajar fisika peserta didik dengan model Reciprocal Teaching fisika ditunjukkan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,02 dan untuk kelas kontrol nilai N-Gain sebesar -0,02 Peningkatan kelas eksperimen memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan kelas kontrol ditunjukkan oleh nilai effect size sebesar 0,28. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M..Sc
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal Teaching, hasil belajar, minat belajar fisika, termodinamika
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Apr 2017 15:35
Last Modified: 03 Apr 2017 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum