PENGARUH KEBERADAAN PASAR MODERN SUPERMARKET SUPERINDO JALAN URIP SUMOHARJO TERHADAP PASAR DEMANGAN DI KOTA YOGYAKARTA

RIZKY ALMAZEINA, NIM. 13810047 (2017) PENGARUH KEBERADAAN PASAR MODERN SUPERMARKET SUPERINDO JALAN URIP SUMOHARJO TERHADAP PASAR DEMANGAN DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEBERADAAN PASAR MODERN SUPERMARKET SUPERINDO JALAN URIP SUMOHARJO TERHADAP PASAR DEMANGAN DI KOTA YOGYAKARTA)
13810047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEBERADAAN PASAR MODERN SUPERMARKET SUPERINDO JALAN URIP SUMOHARJO TERHADAP PASAR DEMANGAN DI KOTA YOGYAKARTA)
13810047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pasar modern di Indonesia meningkat lebih cepat jika dibandingkan dengan perkembangan pasar tradisionalnya. Pembangunan pasar modern yang berkembang pesat, dirasakan oleh berbagai pihak akan berdampak terhadap eksistensi pasar tradisional dan pelaku usaha sejenis di sekitarnya. Hal inilah yang mendasari penyusun untuk tertarik melakukan penelitian mengenai pengaruh keberadaan pasar modern supermarket terhadap pasar tradisional di kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus mengenai pengaruh yang ditimbulkan oleh keberadaan Supermarket Superindo Jalan Urip Sumoharjo terhadap pasar Demangan Yogyakarta. Untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh keberadaan pasar modern supermarket terhadap pendapatan pasar tradisional dilihat dari beberapa faktor yaitu tenaga kerja, pelanggan dan eksistensi pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari hasil survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 90 responden yang merupakan pedagang di pasar Demangan Yogyakarta. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan uji Logistic Regression. Dari 90 orang yang dijadikan sebagai responden, 74 responden menyatakan bahwa keberadaan pasar modern supermarket berpengaruh negatif terhadap pasar tradisional dan 16 responden tidak merasakan pengaruh negatif tersebut. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan, faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang pasar tradisional Demangan Yogyakarta yaitu tenaga kerja dan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar. Namun, selain kedua faktor tersebut ada satu faktor lagi yaitu faktor eksistensi pasar, faktor eksistensi pasar mempengaruhi jumlah pelanggan dan secara tidak langsung akan mempengaruhi pendapatan pedagang. Untuk menghadapi persaingan dengan pasar modern, maka pasar tradisional perlu memiliki strategi khusus dari para pedagang pasar karena kenyataannya yang dihadapi saat ini pasar modern memiliki eksistensi yang lebih tinggi dari pada pasar tradisional. Dalam perspektif Islam, ada beberapa kaidah mekanisme pasar yang perlu diperhatikan. Mekanisme pasar dan pada setiap kegiatan ekonomi itu mengacu kepada konsep maslahat dan menjunjung tinggi asas-asas keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Slamet Khilmi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pasar Modern, Pasar Tradisional, Pendapatan, Tenaga Kerja, Pelanggan, dan Eksistensi
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2017 15:38
Last Modified: 04 Apr 2017 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum