PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN SISWA DIFABEL DALAM RANGKA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Sarifahtul Mutmainnah, NIM. 12490011 (2017) PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN SISWA DIFABEL DALAM RANGKA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN SISWA DIFABEL DALAM RANGKA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12490011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN SISWA DIFABEL DALAM RANGKA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12490011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sarifahtul Mutmainanah, Pengelolaan Program Layanan Bagi Siswa Difabel Dalam Rangka Peningkatan Prestasi Belajar di MAN Maguwoharjo Depok, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap program layanan belajar yang ada di MAN Maguwoharjo Depok, Sleman, Yogyakarta sejak tahun 1987 hingga tahun 2017. Penelitian ini dilakukpan dengan tujuan untuk menguraikan dan menganalisis pengelolaan layanan siswa difabel di lingkup MAN Maguwoharjo, serta mengungkapkan hasil yang diperoleh dengan adanya program layanan siswa difabel yang telah dilaksanakan oleh MAN Maguwoharjo ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan mengambil obyek penelitian di MAN Maguwoharjo Depok, Sleman, Yogyakarta. Pengambilan subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah MAN Maguwoharjo, WAKA Kurikulum, Guru Pembimbing Khusus, Guru Kewarganegaraan, Guru Matematika, dan siswa difabel di MAN Maguwoharjo. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi., wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan Validitas dan Keabsahan data dengan cara triangulasi sumber. Teknis analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bentuk layanan siswa difabel meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok. (2) pengelolaan layanan belajar siswa difabel meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (3) hasil yang diperoleh dari pengelolaan layanan bagi siswa difabel yakni siswa bisa memaksimalkan kelebihan yang dimilikinya sehingga siswa difabel ini memiliki prestasi seperti siswa normal lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Program Layanan, Siswa Difabel, MAN Maguwoharjo.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2017 07:45
Last Modified: 10 Apr 2017 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24983

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum