MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPILAN SANTRI DI MADRASAH DINIYAH AL- ANWAR SEWON BANTUL YOGYAKARTA

SHANTI SRIWINATA, NIM. 12490027 (2017) MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPILAN SANTRI DI MADRASAH DINIYAH AL- ANWAR SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPILAN SANTRI DI MADRASAH DINIYAH AL- ANWAR SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
12490027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPILAN SANTRI DI MADRASAH DINIYAH AL- ANWAR SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
12490027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini Madrasah Diniyah Al Anwar sebagai sebuah lembaga pendidikan keagamaan dalam meningkatkan salah satu motivasi anak untuk belajar menjadi sangat berpengaruh, hal ini dikarenakan proses pengajaran Madrasah Diniyah Al Anwar, yang bukan lembaga non formal tentunya bisa membentuk karakter kepribadian anak dalam untuk disiplin, dalam proses pembelajaran, karena dengan adanya madrasah ini akan membentuk anak mendapatkan rasa disiplin tidak hanya dari sekolah tetapi dari pendidikan nonformal. Penelitian ini memfokuskan diri pada pelaksanaan manajemen kurikulum Madrasah Diniyah di Al Anwar Sewon Bantul Yogyakarta untuk dapat meningkatkan kedisiplinan santri sehingga mempunyai dampak terhadap proses pembelajaran terhadap santri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field study), yaitu penelitian yang bertujuan melakukan studi yang mendalam mengenai suatu unit sosial, sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut, model penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya; perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik. Setelah dialakukan Penelitian, maka bisa diambil kesimpulan Dalam perencanaan program pendidikan dan pembelajarannya serta program program kedisiplinan santri di Madrasah Diniyah Al Anwar Sewon BantulYogyakarta menggunakan manajemen partisipatoris dengan melibatkan pengajar dalam merencanakan dan mengelola program madrasah. Sehingga dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Madrasah diniyah Al Anwar Sewon Bantul Yogyakarta melakukan empat fungsi manajemen, yaitu: perencanaan(planning), pengorganisasian (organizing), pergerakan atau pengarahan (actuating), dan pengawasan (controling) dan ditambah dengan dan di tambah dengan tata tertib sekolah yang terpasang di setiap kelas, terdapat dalam Kartu TertibSiswa (KTS) serta Kartu Tertib Siswa (KTS) kepada orang tua wali murid. Dengan adanya program kedisiplinan siswa di Madin Al Anwar Sewon, Bantul, Yogyakarta bisa melatih diri untuk tepat waktu, tertib pada peraturan, melatih kedisiplinan dan rasa tanggung jawab, namun demikian pelaksanaan displin baru sampai dengan disiplin tepat waktu dalam kedatangan tetapi belum sampai dalam proses pembelajarannya, hal ini dikarenakan beberapa faktor yang kurang yaitu berkaitan dengan sumberdaya manusia, peserta didik, dana, fasilitas sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kedisiplinan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2017 09:26
Last Modified: 11 Apr 2017 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum