MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU BADIUZZAMAN SAIDNURSI (Studi Analisis Madrasah Aliyah An-Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah )

Ummi Khabibah, NIM. 12490035 (2016) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU BADIUZZAMAN SAIDNURSI (Studi Analisis Madrasah Aliyah An-Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU BADIUZZAMAN SAIDNURSI (Studi Analisis Madrasah Aliyah An-Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah ))
12490035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU BADIUZZAMAN SAIDNURSI (Studi Analisis Madrasah Aliyah An-Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah ))
12490035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (844kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari dikotomi ilmu antara ilmu umum dan ilmu agama dikalangan masyarakat saat ini, menjadikan madrasah masih dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Integrasi ilmu menjadi suatu hal cukup menarik untuk dikaji jika dikaitkan dengan lembaga pendidikan islam. Untuk itulah peneliti memfokuskan penelitian manajemen kurikulum madrasah dalam perspektif Integrasi Ilmu yang dicanangkan oleh Badiuzzaman Said Nursi. Dalam penerapannya peneliti menggunakan Madrasah Aliyah An Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah sebagai tempat penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep integrasi ilmu Badiuzzaman Said Nursi dan bagaimana lembaga pendidikan islam mampu menerapkannya dalam proses pengajarannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dipadukan dengan penelitian literatur atau kajian pustaka. Dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah An Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah dan tokoh Badiuzzaman Said Nursi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi akan diuji kebenarannya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Integrasi Ilmu Badiuzzaman Said Nursi menggabungkan tiga unsur utama, ilmu-ilmu agama (al ulum al diniyah), ilmu pengetahuan umum modern (al ulum al kauniyah al hadistah) dan nilai nilai sufisme (tekke). 2) Manajemen Kurikulum Madrasah di Madrasah Aliyah An Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah sudah berjalan dengan fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pengelolaan kurikulum belum sepenuhnya menerapkan Integrasi Ilmu Badiuzzaman Said Nursi. 3) Ada pengembangan kurikulum madrasah dengan konsep program unggulan yang di terapkan melalui ektrakurikuler dan kegiatan kegiatan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal arifin, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Integrasi Ilmu, Said Nursi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2017 14:47
Last Modified: 10 Apr 2017 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum