MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG

HANIF DEWI SAPUTRI, NIM. 12490039 (2016) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG)
12490039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG)
12490039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (873kB)

Abstract

Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan upaya untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia merupakan peranan penting bagi pendidikan. Salah satu upaya meningkatkan SDM adalah dengan memberi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri dalam kurikulum pendidikan dalam bentuk layanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah bagi kemampuan peserta didik yang dapat memajukan mutu sekolah dengan menggunakan manajemen ekstrakurikuler. Oleh karena itu penulis memilih lembaga pendidikan islam yang memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan diri dalam hal minat dan bakat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan minat dan bakat siswa melalui manajemen ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam memanajemen ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, waancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) manajemen ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang terlaksana dengan baik mulai dari perencanaan hingga evaluasi. (2) Minat dan bakat siswa berkembang dengan baik. (3) Faktor pendukung manajemen ekstrakurikuler adalahpelatih yang kompeten, ruang yang tersedia dengan baik, sarana prasarana yang memadai, materi yang menarik, antusiasme siswa dan dukungan dari orang tua dan wali siswa. Faktor penghambat manajemen ekstrakurikuler adalahwaktu yang bersamaan dengan les akademik, kurangnya rasa tanggung jawab siswa, keterbatasan lahan untuk lapangan dan kolam renang, jumlah guru yang tidak sebanding dengan jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Ekstrakurikuler, Pengembangan Minat & Bakat, SD Muhammadiyah 1 Alternatif
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2017 09:28
Last Modified: 11 Apr 2017 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum