Analisis Kebijakan Program Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam (SWALIBA) Di SMA Negeri 2 Klaten

Muhammad Said Romadlon, NIM. 12490086 (2017) Analisis Kebijakan Program Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam (SWALIBA) Di SMA Negeri 2 Klaten. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Analisis Kebijakan Program Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam (SWALIBA) Di SMA Negeri 2 Klaten)
12490086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (Analisis Kebijakan Program Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam (SWALIBA) Di SMA Negeri 2 Klaten)
12490086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lebih dalam tentang program Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam (SWALIBA) tentang latar belakang kebijakan pemerintah maupun sekolah dalam penerapannya, juga untuk mengetahui pelaksanaan dan pengorganisasian program SWALIBA serta kegiatan-kegiatan yang mendukung berjalannya program SWALIBA di SMA Negeri 2 Klaten dengan mengkorelasikannya pada Standar Nasonal Pendidikan (SNP). Penelitian ini menarik untuk dikaji, karena mengingat masih sedikit sekolah yang menerapkan dua program secara bersamaan yaitu program SWALIBA dan Adiwiyata yang memiliki prestasi yang membanggakan, dan juga minimnya lembaga pendidikan yang terletak di lokasi rawan bencana dan menerapkan program tanggap bencana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian pada program SWALIBA di SMA N 2 Klaten. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, paparan data baik berupa tabel maupun gambar, serta penarikan kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan untuk menjawab fokus permasalahan penelitian. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dengan menggunakan teknik dan sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) SWALIBA adalah Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Alam yang merupakan ide dan konsep dari Prof. Suratman. W, M.Sc. yang diresmikan oleh Bupati Klaten pada tanggal 28 Juni 2011 Surat Keputusan (SK) Bupati yang tercantum dalam Peraturan Bupati No. 6 tahun 2014 tentang Panduan Pembelajaran Kebencanaan di Kabupaten Klaten. (2) Secara umum, program SWALIBA di SMA N 2 Klaten berjalan sesuai dengan tupoksi yang telah terstruktur di mana Kepala sekolah sebagai penanggung jawab, guru geografi sebagai ketua pelaksana, dan untuk program lingkungan hidup yang diarahkan pada program Adiwiyata. (3) Dalam menerapkan program SWALIBA didukung dengan adanya kebijakan-kebijakan dari sekolah melalui peraturanperaturan, kegiatan, dan pelatihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M.ag
Uncontrolled Keywords: Analisis, SWALIBA, Mitigasi bencana alam.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2017 09:27
Last Modified: 11 Apr 2017 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25004

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum