PEMETAAN POSISI PRODUK KAMERA JENIS KAMERA MIRRORLESS MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY

Dewinda Prameta Suci, NIM. 11660020 (2017) PEMETAAN POSISI PRODUK KAMERA JENIS KAMERA MIRRORLESS MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
11660020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11660020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penjualan kamera mirrorless selama beberapa waktu terakhir membuat perusahaan perlu mengetahui pemetaaan posisi produk serta preferensi mengenai atribut-atribut produk yang diinginkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan posisi produk kamera jenis kamera mirrorless terhadap kompetitornya dengan menggunakan canvas strategy serta analisis cluster, dan mengetahui preferensi konsumen mengenai atribut produk dari merk kamera mirrorless berdasarkan kategori kualitas produk dengan menggunakan analisis conjoint. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan canvas strategy diketahui bahwa merk kamera mirrorless yang memiliki kualitas produk paling baik secara berurutan adalah Fujifilm, Olympus, Nikon, Samsung, Sony, dan Canon. Dari hasil analisis cluster diperoleh 3 cluster dengan rincian cluster 1 merupakan kategori produk kualitas rendah, cluster 2 merupakan kategori produk kualitas tinggi, dan cluster 3 merupakan kategori produk kualitas sedang. Cluster 1 beranggotakan merk kamera mirrorless Nikon, Samsung, Sony, dan Canon. Cluster 2 beranggotakan merk kamera mirrorless Fujifilm. Cluster 3 beranggotakan merk kamera mirrorless Olympus. Hasil pengelompokkan pada analisis cluster sama dengan hasil pengelompokkan pada pemetaan canvas strategy. Dari hasil analisis conjoint, diketahui bahwa kombinasi atribut merk kamera mirrorless yang diinginkan konsumen baik untuk produk dengan kualitas tinggi maupun kualitas rendah adalah sama, yaitu besar megapixel 14,2 megapixel, kinerja kamera sesuai dengan yang diiklankan, lokasi service centre mudah dijangkau, perusahaan taat terhadap garansi, waktu garansi lebih dari dua tahun, waktu reparasi produk di service centre kurang dari tujuh hari, logo merk berada di atas top plate body kamera, serta kinerja kamera cepat dan responsif Kata Kunci: Canvas Strategy, Analisis Cluster, Analisis Conjoint

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tutik Farihah, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Canvas Strategy, Analisis Cluster, Analisis Conjoint
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Apr 2017 16:04
Last Modified: 06 Apr 2017 16:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25010

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum