EFEKTIFITAS MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

TOPIK NUGROHO, NIM. 1320412151 (2016) EFEKTIFITAS MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1320412151_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1320412151_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Mu‟allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang terkait dengan kepemimpinan kepala madrasah yang efektif 2) Mengetahui upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh kepala madrasah dan standard mutu pendidikan yang ada di Madrasah Mu‟allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan. Secara metodologis, penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Adapun pada tahapan analisis peneliti menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Serta diuji dengan trianggulasi data atau keabasahan data yang ada di lapangan yang merujuk pada analisis induktif dari data dan peristiwa yang konkrit di lapangan kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Manajemen kepala madrasah Mu‟allimin Muhammadiyah yang terkait dengan mutu pendidikan dilakukan dengan tahapan (1) perencanaan yang dilakukan oleh Madrasah Mu‟allimin Muhammadiyah telah mengacu pada standard mutu pendidikan yang berkenaan viii dengan manajemen kurikulum, kesiswaan, keuangan dan sarana prasarana (2) Dalam pengorganisasian kepala madrasah telah mengambil langkah-langkah strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan pembagian tugas pada setiap bidangnya, menjadi 4 bidang yaitu bidang kurikulum, tata usaha, kesiswaan dan bidang asrama dan pondok. (3) Pelaksanaan pendidikan di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah lebih memprioritaskan dalam pengelolaan dan penertiban administrasi karena sebuah data akan menunjukan operasional penyelenggaraan pendidikan, meskipun dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum madrasah yang berkaitan dengan program trensains perencanaannya belum maksimal namun berjalan dengan baik, karena juga melibatkan seluruh komponen sekolah (4) Pengawasan yang dilakukan oleh kepala madrasah dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Dalam hal ini kepala madrasah langsung melibatkan laporan piket madrasah untuk mengetahui guru yang belum masuk kelas sedangkan secara tidak langsung kepala madrasah melibatkan dan membetuk tim penilaian kegiatan guru atau (PKG) untuk evaluasi sumatif maupun normatif. Kedua, Kepemimpinan kepala madrasah yang efektif dilakukan dengan cara (a) Mengkomunikasikan visi, misi, dan tujuan sekolah secara utuh (b) Memberdayakan para guru dan staf (c) Melibatkan orang tua dan masyarakat (d) Mengembangkan peserta didik (e) Memberikan penghargaan dan insentif. (f) Mengembangkan kurikulum dan pembelajaran (g) Manajemen keuangan dan pembiayaan. (h) Pendayagunaan sarana dan prasarana. Yang ketiga Peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Mu‟allimin Muhammadiyah dapat dilihat dari seberapa jauh upaya-upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam peningkatan ix mutu dan juga dapat dilihat dari standard mutu pendidikan Madrasah Mu‟allimin Muhammadiyah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A,
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Manajemen, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kepemimpinan Efektif, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Apr 2017 09:54
Last Modified: 07 Apr 2017 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum