STRATEGI PEMBENTUKANKARAKTER BERBASIS INTERNALISASI NIL - MLAI ISLAM DI MADRASAH ALIYAII IBNUL QO'YIM PUTRA PTYTJNGAN BANTUL YOGYAKARTA.

MOHAMAD ADNAN, SPDI, NIM. 1320410 2 (2016) STRATEGI PEMBENTUKANKARAKTER BERBASIS INTERNALISASI NIL - MLAI ISLAM DI MADRASAH ALIYAII IBNUL QO'YIM PUTRA PTYTJNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBENTUKANKARAKTER BERBASIS INTERNALISASI NIL - MLAI ISLAM DI MADRASAH ALIYAII IBNUL QO'YIM PUTRA PTYTJNGAN BANTUL YOGYAKARTA.)
1320410112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBENTUKANKARAKTER BERBASIS INTERNALISASI NIL - MLAI ISLAM DI MADRASAH ALIYAII IBNUL QO'YIM PUTRA PTYTJNGAN BANTUL YOGYAKARTA.)
1320410112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Dengan adanya Pengaruh Globalisasi telah membawa perubahan-perubahan penting dalam bentuk yang positif maupun negatif. Dengan melihat kondisi generasi bangsa saat ini bisa dikatakan tidak berkarakter dengan melencengnya dari nilai-nilai moral. Pendidikan saat ini seolah hanya mengejar angka kelulusan dan kurang memperhatikan moral dan spiritual kaum pelajar. Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim Putra dalam rangka mencetak generasigenerasi mu‟min, mu‟allim, mubaligh yang mempunyai landasan keimananya (Tauhid) yang kokoh bisa bermanfaat bagi masyarakat yang lebih baik, ketakwaan yang kuat dan akhlak yang mulia. Madrasah ini membentuk karakter melalui strategi pembentukan karakter berbasis internalisasi nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai Islam apa saja yang di internalisasikan bagi siswa dalam pembentukan karakter di MA Ibnul Qoyyim Putra Piyungan Bantul Yogyakarta; 2) Strategi Pembentukan Karakter Siswa Berbasis internalisasi nilai-nilai Islam di MA Ibnul Qoyyim Putra Piyungan Bantul Yogyakarta; 3)hasil pembentukan karakter Berbasis Internalisasi nilai-nilai Islam di MA Ibnul Qoyyim Putra Piyungan Bantul Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, Strategi pembentukan karakter berbasis internalisasi nilai-niai Islam dilakukan melalui strategi Moral Knowing: Pembentukan Karakter Melalui Proses Pembelajaran di dalam Kelas, Strategi Moral Acting melalui praktik kegiatan sehari-hari di lingkungan pondok pesantren yang terprogram, dan Strategi Habituasi melalui kegiatan bebas sehari-hari yang dilakukan siswa selama berada di lingkungan pondok pesantren. Kedua, nilai-nilai Islam yang di internalisasikan bagi siswa dalam pembentukan karakter meliputi: keimanan, islam, ihsan, ikhlas, tawakal, bersyukur dan sabar. Internalisasi ini merupakan proses santri mempelajari, memahami, menerima dan menerapkan dalam tingkah laku. Ketiga, hasil pembentukan karakter Berbasis Internalisasi nilai-nilai islam tampak dari pengetahuan, penalaran dan tindakan santri. Secara keseluruhan, santri memiliki pengetahuan tentang karakter seperti disiplin, tanggung jawab, sportif, jujur, kerjasama, solidaritas, suka menolong, menghormati dan menghargai orang lain. Hasil pembentukan karakter ini tampak dari kebiasaan Siswa dapat dijadikan sebagai teladan seperti sholat tepat waktu dengan berjamaah, menghormati dan menghargai orang lain, sopan, rendah hati, dan suka menolong.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi, Karakter, Internalisasi Nilai-Nilai, Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Apr 2017 13:46
Last Modified: 07 Apr 2017 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25035

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum