PENAFSIRAN ZAGHLOUL AL-NAJJAR ATAS AYAT-AYAT REPRODUKSI MANUSIA DALAM AL-QUR’AN ( Kajian atas Kitab Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fī al-Qur’an al-Karim)

MUHAMMAD ZAKI RAHMAN, NIM. 13530109 (2017) PENAFSIRAN ZAGHLOUL AL-NAJJAR ATAS AYAT-AYAT REPRODUKSI MANUSIA DALAM AL-QUR’AN ( Kajian atas Kitab Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fī al-Qur’an al-Karim). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN ZAGHLOUL AL-NAJJAR ATAS AYAT-AYAT REPRODUKSI MANUSIA DALAM AL-QUR’AN ( Kajian atas Kitab Tafsir al-Āyāt al-Kauniyah fī al-Qur’ān al-Karīm))
13530109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN ZAGHLOUL AL-NAJJAR ATAS AYAT-AYAT REPRODUKSI MANUSIA DALAM AL-QUR’AN ( Kajian atas Kitab Tafsir al-Āyāt al-Kauniyah fī al-Qur’ān al-Karīm))
13530109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang memang Allah bedakan dengan makhluk yang lainnya seperti hewan serta tumbuhan. Dimuliakannya derajat manusia merupakan alasan kenapa penulis tertarik untuk meneliti tentang proses reproduksi pada manusia yang terdapat dalam al-Qur’an. Al-Qur’an telah lebih dahulu menjelaskan mengenai asal usul manusia atau disebut dengan sistem reproduksi manusia. Dalam skripsi ini penulis mencoba meneliti tentang ayat-ayat reproduksi manusia dalam al-Qur’an, menggunakan tokoh tafsir kontemporer yakni Zaghloul al-Najjar dalam tafsirnya yang berjudul Tafsir al-Āyāt al-Kauniyyah Fī al-Qur’ān al-Karīm. Ketertarikan Zaghloul al- Najjar menafsirkan ayat-ayat sains murni, bahwasannya membuatnya ingin membuktikan keharmonisan antara kalam Allah yang termaktub di dalam al- Qur’an dengan fenomena sains yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Ayat-ayat tentang reproduksi manusia yang penulis temukan dalam skripsi ini terdapat tiga puluh ayat yang terbagi dalam beberapa surat dalam al- Qur’an. Dikarenakan penelitian ini menggunakan kitab Tafsir al-Āyāt al- Kauniyyah Fī al-Qur’ān al-Karīm yang memang tidak semua dari sekian ayat tersebut terdapat dalam tafsir ini. Oleh karenanya dengan kajian sebelas ayat al- Qur’an yang ditafsiri oleh Zaghloul al-Najjar dalam tafsirnya tersebut peneliti mennggunakan kajian pendekatan saintific. Pendekatan ini penulis pakai untuk supaya pembaca memahami bahwa ayat suci al-Qur’an dapat ditafsiri dari berbagai sudut pandang ilmu salah satunya ilmu sains murni tentang reproduksi manusia serta dapat dibuktikan kebenarannya. Dengan metode deskriptif analitis, terlebih dahulu penulis menjelasakan tentang reproduksi manusia dilihat dari segi teori kedokteran umum. Kemudian pemaparan tentang ayat-ayat reproduksi manusia menurut penafsiran Zaghloul al- Najjar dalam tafsirnya tersebut. Setelah dipaparkan ke dua hal di atas, maka pemaparan selanjutnya yakni tentang keunikan serta penemuan dari Zaghloul al- Najjar dalam menafsirkan ayat-ayat reproduksi manusia . Disebabkan Zaghloul al- Najjar merupakan tokoh tafsir yang hidup di era kontemprer, maka adakalanya ditemukan kesesuaian atau relevansinya dengan teori kedokteran kekinian, atau bahkan juga terdapat beberapa perbedaan teori dari penafsiran Zaghloul al-Najjar tentang ayat-ayat reprodukdi manusia dengan teori kedokteran masa kini. Pada akhirnya hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah adanya kesesuaian antara teori yang dikemukakan oleh Zaghloul al-najjar terkait tema tentang ayat-ayat reproduksi manusia dalam al-Qur’an. Akan tetapi ada yang berbeda antara penafsiran yang dilakukan oleh Zaghloul al-Najjar dengan penafsiran yang dihasilkan oleh tokoh tafsir sains yang lain, yakni terletak pada penafsiran tentang diciptakannya manusia dari tanah. Menurt Zaghloul al-Najjar unsur kandungan yang terdapat pada tanah apabila diteliti juga terdapat kesamaan dengan unsur kulit manusia yang diciptakan dari tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Fauzan Naif, MA.
Uncontrolled Keywords: ZAGHLOUL AL-NAJJAR, REPRODUKSI MANUSIA, AL-QUR’AN, Kitab Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fī al-Qur’an al-Karim
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Apr 2017 08:41
Last Modified: 12 Apr 2017 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25036

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum