PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWĀ’ID SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN KANDANGAN KAB. KEDIRI

MOH ILYAS ISKANDAR, NIM. 1320410089 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWĀ’ID SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN KANDANGAN KAB. KEDIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWĀ’ID SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN KANDANGAN KAB. KEDIRI)
1320410089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR QAWĀ’ID SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN KANDANGAN KAB. KEDIRI)
1320410089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

belajar, penyediaan bahan ajar qawā’id yang berkwalitas dalam pembelajaran masih sangat langka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengatasi adanya kesenjangan kondisi ideal dan kondisi real di lapangan khususnya masalah ketersediaan bahan ajar qawā’id yang baik. Buku ajar yang digunakan guru dan siswa dalam sebuah pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Arab, unsurunsur kebahasaannya tidak terlalu diperhatikan. Salah satu unsur kebahasaan yaitu qawā’id yang hanya sedikit penyajiannya dalam buku ajar. Penulis tertarik melakukan penelitian ini sebagai upaya pemenuhan kriteria kebermutuan bahan ajar qawā’id bahasa Arab dengan dilandasi oleh pandangan bahwa bahan ajar qawā’id menjadi alternatif strategis-akseleratif pembelajaran bahasa Arab akan lebih baik dan efektif jika didukung oleh bahan ajar yang baik juga. Penenlitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar qawā’id sebagai Penunjang pembelajaran bahasa Arab kelas X MA yang sesuai dan layak untuk siswa pada jenjang tersebut dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan respon guru serta siswa terhadap bahan ajar qawā’id yang dikembangkan. Desain penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D) atau sering disebut penelitian pengembangan, dengan tahapan yang terdiri dari (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Hasil penelitian ini yaitu penilaian ahli materi terhadap kelayakan bahan ajar qawā’id kelas X MA dari aspek isi/materi dengan rata-rata skor 3,3 dengan kategori sangat baik, dari aspek pembelajaran menujukkan rata-rata skor 3,2 dengan kategori sangat baik. Sedangkan penilaian oleh ahli media dari aspek tampilan dengan rata-rata skor 3,2 dengan kategori sangat baik, untuk aspek penggunaan menunjukkan rata-rata skor 3,2 dengan kategori sangat baik. Berdasakan hasil ujicoba diperoleh Secara umum dapat dilihat dari perbedaan rata-rata skor, Skor ratarata pada kelas kontrol yaitu 65,375 dan skor rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 72,875. Berdasarkan hasil analisis dengan SPSS 22 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 0.05. maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample T-test, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar penunjang pembelajaran qawā’id berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dinyatakan diterima. Hasil penilaian guru terhadap kelayakan bahan ajar qawā’id menunjukkan respon positif dengan rata-rata skor 3,07 dengan kategori sangat baik. Sedangkan respon yang diberikan siswa terhadap bahan ajar qawā’id yang dikembangkan menunjukkan dapat meningkatkan motivasi, dapat membantu dan memudahkan siswa dalam belajar qawā’id bahasa Arab. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa produk bahan ajar qawā’id bahasa Arab yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Qawā’id, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Apr 2017 13:59
Last Modified: 07 Apr 2017 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum