ANALISIS PERAWATAN MESIN DENGAN PENDEKATAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN MAINTENANCE VALUE STREAM MAP (MVSM) (Studi Kasus Pada UMKM ED Alumunium Yogyakarta)

Muhammad Lutfan Muzaki, NIM. 12660037 (2017) ANALISIS PERAWATAN MESIN DENGAN PENDEKATAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN MAINTENANCE VALUE STREAM MAP (MVSM) (Studi Kasus Pada UMKM ED Alumunium Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
12660037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12660037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem perawatan mesin pada UMKM ED Aluminium menggunakan sistem preventive dan corrective maintenance, tetapi dalam pelaksanaannya masih terjadi permasalahan. Permasalahan tersebut disebabkan belum terencana dan tidak adanya Standart Operasional Prosedure (SOP) pada bagian maintenance untuk mengatasi kerusakan mesin milling Kondia dan menyebabkan meningkatkan nilai downtime. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan SOP dan pemilihan tindakan perawatan yang sesuai menggunakan pendekatan RCM dan MVSM. Sistem yang dipilih diantara keseluruhan produk yang dihasilkan, terdapat satu buah produk yang menyumbang keuntungan terbesar bagi UMKM ini adalah produk kaki infus. Mesin milling Kondia merupakan salah satu mesin untuk memproduksi kaki infus dan mengalami downtime paling lama yakni selama 17,75 jam dalam kurun waktu mulai Januari 2016 hingga Oktober 2016. RCM terdiri dari FMEA, pareto dan decision worksheet RCM, sedangkan untuk MVSM menggambarkan aktivitas perawatan. Berdasarkan analisis pareto diketahui bahwa komponen kritis dari mesin milling kondia adalah magnetik kontaktor, relay, fuse/sekering, pisau frais, dinamo dan laker/bearing. Hasil dari pengolahan decision worksheet RCM didapat usulan yakni tindakan yang sesuai untuk perawatan komponen kritis. SOP untuk perawatan saat ini ditujukkan pada operasi sistem milling kondia sebagai masukan untuk perusahaan dengan hasil yang lebih signifikan terhadap perawatan saat ini. Kata kunci: RCM, MVSM, FMEA, pareto, decision worksheet RCM, SOP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: RCM, MVSM, FMEA, pareto, decision worksheet RCM, SOP
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 13:59
Last Modified: 07 Apr 2017 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25042

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum