KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ILHAM CAHYADI, NIM : 09410225 (2016) KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
09410225_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
09410225_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ILHAM CAHYADI. Konsep Zuhud HAMKA dan Relevansinya Terhadap Bimbingan Konseling Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta : jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah gaya hidup manusia di zaman modern ini membawa manusia kepada perilaku- perilaku tidak terpuji mulai dari korupsi, perzinaan, perbuatan syirik dan menghalalkan segala cara untuk mencapai suatu tujuan. Perilaku- perilaku tercela tersebut menjangkit berbagai kalangan bahkan sampai pada taraf kalangan pelajar yang menyebabkan permasalahan dalam dunia pendidikan, mulai dari kenakalan seperti prostitusi pelajar, premanisme dan lain sebagainya Konsep Zuhud Hamka menjadi tawaran solusi yang tepat dalam permasalahan tersebut, termasuk dalam mengangani permasalahan pendidikan yang dilakukan melalui upaya Bimbingan dan Konseling. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep Zuhud Hamka dan bagaimana relevansinya terhadap Bimbingan dan Konseling Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep Zuhud Hamka dan menganalisi relevansinya terhadap upaya Bimbingan dan Konseling Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang berfokus pada pemikiran Zuhud Hamka. Pendekatan yang penulis lakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis yakni pendekatan yang digunakan untuk mengeksplisitkan dan merumuskan secara jelas konsepsi- konsepsi pemikiran Hamka dan pendekatan pedagogis untuk mengintepretasi dan mengungkapkan berbagai konsep dari pemikiran Hamka agar dapat dipahami secara mudah dalam konteks kajian pendidikan Islam. Metode penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu metode pengumpulan data dengan menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan, notulen rapat, catatan harian dan sebagainya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis). Analisis isi merupakan teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang penggarapannya dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Hamka memaknai zuhud sebagai perilaku baik manusia kepada Tuhan, namun bukan berarti melupakan keduniaan. Oleh karena itu, titik tekan pada perilaku zuhud yang ditekankan Hamka lebih berorientasi urusan internal manusia kepada Tuhan dan tidak melupakan urusan eksternal antara manusia dengan sesamanya ataupun dengan makhluk lain. Maka terjadi keseimbangan dalam perilaku zuhud, menjaga diri dari kesenangan kehidupan dunia untuk dekat dengan Tuhan, namun tidak anti terhadap kehidupan dunia. 2) Titik Relevansi antara Zuhud Hamka dan Bimbingan Konseling Pendidikan Agama Islam adalah adanya kesamaan semangat ruh perubahan perilaku. Hanya saja perbedaan yang terdapat pada keduanya, Zuhud Hamka lebih luas cakupannya dalam hal kehidupan, sedangkan Bimbingan Konseling Pendidikan Agama Islam lebih terpusat pada masalah Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Zuhud, hamka, pendidikan agama Islam
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Apr 2017 08:43
Last Modified: 13 Apr 2017 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum