EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA

NURIKA MIFTAHULJANNAH, NIM. 12600028 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA)
12600028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA)
12600028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Resitasi terhadap pemahaman konsep matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Resitasi terhadap cinta budaya lokal siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Resitasi. Variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika dan cinta budaya lokal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wates tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 52 siswa. Kelas VIII A dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Resitasi. Kelas VIII B dijadikan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pre-test dan instrumen post-test. Teknik analisis ddata dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial, yaitu uji-t dan Levene’s Test untuk data yang tidak memenuhi pra-syarat : homogenitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Resitasi lebih efektif terhadap pemahaman konsep siswa dari pada pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan metode Resitasi tidak lebih efektif terhadap cinta budaya lokal siswa dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan Metode Resitasi, Pemahaman Konsep, Cinta Budaya Lokal
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Apr 2017 11:21
Last Modified: 10 Apr 2017 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum