PEMBERDAYAAN EKONOMI KELOMPOKWANITA TANI(KWT) NGUDI MAKMUR DUSUN NAYAN DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Hasaniatun Alfingah, NIM. 12230038 (2017) PEMBERDAYAAN EKONOMI KELOMPOKWANITA TANI(KWT) NGUDI MAKMUR DUSUN NAYAN DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI KELOMPOKWANITA TANI(KWT) NGUDI MAKMUR DUSUN NAYAN DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN)
12230038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI KELOMPOKWANITA TANI(KWT) NGUDI MAKMUR DUSUN NAYAN DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN)
12230038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (876kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang telah lama sejak dulu kala. Kemiskinan dapat terjadi di mana saja entah itu di perkotaan maupun di pedesaan. Di pedesaan yang justru banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan akan tetapi malah banyak terjadi kemiskinan. Seringkali masyarakat tidak sadar akan potensi yang ada di desa mereka yang dapat dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan pendapatan mereka. oleh sebab itu perlu adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat supaya ekonomi masyarakat dapat meningkat. Untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Dusun Nayan diadakan pemberdayaan ekonomi KWT Ngudi Makmur. KWT Ngudi Makmur merupakan kelompok ibu-ibu Dusun Nayan yang diorganisir untuk melakukan kegiatan pertanian, serta kegiatan-kegiatan yang mendukung untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya ibu-ibu Dusun Nayan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji, dan mendeskripsikan mengenai tahapan dan hasil pemberdayaan ekonomi KWT Ngudi Makmur Dusun Nayan Desa Maguwoharjo Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik bola salju (snow balling). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan ekonomi KWT Ngudi Makmur Dusun Nayan Desa Maguwoharjo Kecamatan Depok Kabupaten Sleman melalui lima tahap yaitu pertama, melalui tahap penyadaran. Penyadaran ini dilakukan melalui kegiatan diskusi dan sosialisasi kepada ibi-ibu Dusun Nayan. Kedua, tahap assesment dan perencanaan. Pada tahap ini masyarakat dilibatkan untuk menganalisis masalah kemudian mencari solusi dan merencanakan program. Ketiga, tahappelaksanaan dilakukan melalui kegiatan seperti simpan pinjam, pelatihan, pertemuan rutin setiap tanggal 8, kerja bakti setiap hari minggu. Keempat, tahap peningkatan kemampuan intelektual dan kecakapan keterampilan dilakukan dengan pengembangan usaha yaitu mempromosikan hasil dari pertanian. Kelima, tahap evaluasi dialakukan untuk mengetahui perkembangan pertanian di KWT Ngudi Makmur. Sedangkan hasil pemberdayaan ekonomi KWT Ngudi Makmur yaitu meningkatnya ekonomi masyarakat, terwujudnya lapangan pekerjaan, dan tumbuhnya kemandirian. Kata Kunci: Pemberdayaan Ekonomi, KWT Ngudi Makmur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, KWT Ngudi Makmur
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2017 08:40
Last Modified: 18 Apr 2017 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum