PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH Studi Pada Bank Sampah Sinar Lestari RW 09 Kelurahan Sorosutan,Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta

MAHBUBAN MS, NIM. 12230036 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH Studi Pada Bank Sampah Sinar Lestari RW 09 Kelurahan Sorosutan,Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH Studi Pada Bank Sampah Sinar Lestari RW 09 Kelurahan Sorosutan,Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta)
12230036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH Studi Pada Bank Sampah Sinar Lestari RW 09 Kelurahan Sorosutan,Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta)
12230036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

Mahbuban MS, tahun 2016, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Judul Skripsi “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Studi Pada Bank Sampah Sinar Lestari RW 09 Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta”. Dalam penelitian ini dirumuskan dua pertanyaan penelitian, pertama, bagaimana proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pengurus Bank Sampah Sinar Lestari, kedua, bagaimana dampak positif adanya Bank Sampah Sinar Lestari terhadap masyarakat sekitar. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan menggambarkan hal-hal atau data-data yang bertujuan untuk mengungkap fakta yang ada dilapangan secara sistematik. Untuk membantu pengumpulan data maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya, metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya tiga hal dalam proses pemberdayaan masyarakat melalui Bank Sampah Sinar Lestari yaitu: a). Tahap Penyadaran, penyadaran ini berupa sosialisasi kepada masyarakat dan penyuluhan tentang Bank Sampah, b). Tahap Pembekalan Keterampilan, tahap pembekalan keterampilan dengan daur ulang sampah plastik dan daur ulang botol bekas, c). Tahap Partisipasi, yaitu partisipasi dalam proses penyadaran dan pembekalan keterampilan. Sedangkan dampak positif adanya bank sampah yaitu pertama, dampak sosial, terjalinnya silaturrahmi antara warga satu dengan warga lainnya, kedua, dampak ekonomi, adanya peningkatan ekonomi nasabah Bank Sampah, ketiga, dampak lingkungan, menjadi lingkungan yang bersih dan nyaman. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Bank Sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Bank Sampah
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2017 14:46
Last Modified: 10 Apr 2017 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum