ISBAT NIKAH POLIGAMI SIRI DITINJAU DARI SEGI YURIDIS-NORMATIF (STUDI TERHADAP PUTUSAN NO. 190/PDT. G/2004/PA. SMN. DAN PUTUSAN NO. 1512/PDT. G/2015/PA. SMN. TENTANG ISBAT NIKAH POLIGAMI SIRI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN)

Robith Muti’ul Hakim, NIM. 1420310065 (2017) ISBAT NIKAH POLIGAMI SIRI DITINJAU DARI SEGI YURIDIS-NORMATIF (STUDI TERHADAP PUTUSAN NO. 190/PDT. G/2004/PA. SMN. DAN PUTUSAN NO. 1512/PDT. G/2015/PA. SMN. TENTANG ISBAT NIKAH POLIGAMI SIRI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ISBAT NIKAH POLIGAMI SIRI DITINJAU DARI SEGI YURIDIS-NORMATIF (STUDI TERHADAP PUTUSAN NO. 190/PDT. G/2004/PA. SMN. DAN PUTUSAN NO. 1512/PDT. G/2015/PA. SMN. TENTANG ISBAT NIKAH POLIGAMI SIRI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN))
1420310065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ISBAT NIKAH POLIGAMI SIRI DITINJAU DARI SEGI YURIDIS-NORMATIF (STUDI TERHADAP PUTUSAN NO. 190/PDT. G/2004/PA. SMN. DAN PUTUSAN NO. 1512/PDT. G/2015/PA. SMN. TENTANG ISBAT NIKAH POLIGAMI SIRI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN))
1420310065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menurut penyusun penelitian ini penting dilakukan mengingat perkara pernikahan poligami siri sedang marak terjadi, salah satu perkara yang masuk ke Pengadilan Agama Sleman adalah Putusan No. 190/Pdt. G/2004/Pa. Smn. dan Putusan No. 1512/Pdt. G/2015/Pa. Smn.. Isbat nikah merupakan satu-satunya jalan bagi pasangan pernikahan poligami siri untuk memperoleh perkawinan yang berkekuatan hukum. Isbat nikah poligami yang dikabulkan dikhawatirkan dapat semakin mempermudah pelaku poligami untuk berpoligami, karena ada celahcelah kecil untuk melegalkan poligami siri. Namun, di sisi lain apabila isbat poligami tidak dikabulkan, sama saja seperti melegalkan pernikahan siri. Adapun yang diteliti dalam tesis ini antara lain: putusan isbat nikah poligami siri di Pengadilan Agama Sleman ditinjau dari segi yuridis-normatif dan dari segi maqa>s}yid syari@’ah. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis-normatif dengan menggunakan teori maqa>s}yid syari@’ah. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa putusan tentang perkara isbat poligami siri dan data sekunder berupa hasil wawancara dengan hakim, panitera dan pegawai Pengadilan Agama Sleman dan studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa secara Yuridis pada putusan No. 190/Pdt. G/2004/PA. Smn. Pengadilan menolak permohonan pemohon, dikarenakan suami tidak mendapat izin dari isteri pertama, dalam Undang-undang Perkawinan No. 1 Tahun 1974 bahwa untuk mengajukan permohonan beristeri lebih dari seorang, maka harus dipenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan pasal 5 ayat (1) Undang-undang Perkawinan No. 1 Tahun 1974 jo. Pasal 58 ayat (1) dan (2) Kompilasi Hukum Islam, menurut pertimbangan hakim keputusan itulah yang terbaik demi kemaslahatan. Sedangkan pada putusan No. 1512/Pdt. G/2015/PA.Smn. permohonan pemohon diterima karena terpenuhinya syaratsyarat perundang-undangan, yaitu mendapatkan persetujuan dari isteri pertama, adanya jaminan dapat menjamin keperluan hidup isteri-isteri dan anak-anaknya, dan juga dapat berlaku adil, selain itu alasan Pemohon akan menikahi calon isteri kedua (poligami) karena sudah menikah siri dan telah memiliki anak dan Pemohon akan bertanggung jawab dengan menikahi calon isteri Pemohon secara resmi. Sedangkan secara normatif tidak ada nash yang menyebutkan bahwa seorang suami harus meminta izin kepada seorang isteri ketika hendak berpoligami. Keputusan hakim tersebut sudah sesuai dengan maqa>sid asy-syari<’ah di antaranya: h}ifz ad-di@n, h}ifz an-nafs, h}ifz al-‘aql, h}ifz al-ma>l, h}ifz an-nasb, di mana tujuan utamanya adalah menciptakan suatu kemaslahatan. Kata Kunci : Isbat Nikah, Poligami Siri, Yuridis-Normatif, Maqasyid Asy-Syari’ah , Pengadilan Agama Sleman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Agus Moh. Najib, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Isbat Nikah, Poligami Siri, Yuridis-Normatif, Maqasyid Asy- Syari’ah , Pengadilan Agama Sleman.
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2017 10:43
Last Modified: 25 Apr 2017 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25124

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum