PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2013-2015(PERBANDINGAN MODEL Z-SCORE ALTMAN DAN MODEL LOGIT ZAVGREN)

MUSTANIROH, NIM. 1420310068 (2017) PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2013-2015(PERBANDINGAN MODEL Z-SCORE ALTMAN DAN MODEL LOGIT ZAVGREN). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2013-2015(PERBANDINGAN MODEL Z-SCORE ALTMAN DAN MODEL LOGIT ZAVGREN))
1420310068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2013-2015(PERBANDINGAN MODEL Z-SCORE ALTMAN DAN MODEL LOGIT ZAVGREN))
1420310068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB)

Abstract

Arus globalisasi mengakibatkan gejolak ekonomi meningkat sehingga memberikan ancaman bagi perusahaan mengalami financial distress atau bahkan kebangkrutan. Model financial distress perlu digunakan karena mampu mendeteksi dini kemungkinan terjadinya kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketepatan model Altman dan Zavgren dalam memprediksi financial distress. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam Daftar Evek Syariah (DES) tahun 2013-2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana data yang digunakan berupa angkaangka yang berbentuk data pool. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 24 perusahaan dengan rincian 12 perusahaan dalam kategori financial distress dan 12 perusahaan dala kategori non-financial distress. Sedangan alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil analisis data menunjukan bahwa model Altman dan Zavgren dapat digunakan untuk memprediksi financial distress karena signifikansi (Sig F) menunjukan signifikansi kuat. Namun diantara dua model tersebut, model Altman merupakan model yang lebih tepat digunakan dalam memprediksi financial distress karena mempunyai tingkat signifikansi lebih kuat dibanding model Zavgren. Hasil perhitungan dengan menggunakan titik cut-off dan rentan interval pada model Zavgren dapat disimpulkan bahwa model Altman mempunyai tingkat akurasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan model Logit Zavgren dalam memprediksi financial distress. Model Altman adalah model terbaik dalam memprediksi financial distress, sehingga variabelvariabel yang telah ditetapkan merupakan faktor penentu financial distress perusahaan. Kata Kunci: Altman, Zavgren, Regresi Logistik, Financial Distress

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Fakhri Husein
Uncontrolled Keywords: Altman, Zavgren, Regresi Logistik, Financial Distress
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2017 10:42
Last Modified: 25 Apr 2017 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum