EFEKTIFITAS SIDANG KELILING PENGADILAN AGAMA DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN TAHUN 2016)

Muammar Irfan Nurhadi, NIM. 1420310078 (2017) EFEKTIFITAS SIDANG KELILING PENGADILAN AGAMA DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN TAHUN 2016). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS SIDANG KELILING PENGADILAN AGAMA DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN TAHUN 2016))
1420310078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS SIDANG KELILING PENGADILAN AGAMA DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN TAHUN 2016))
1420310078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menurut penyusun penelitian ini penting dilakukan mengingat sidang kelilling merupakan sidang layaknya sidang biasa seperti di kantor pengadilan, hanya saja sidang keliling dilakukan diluar gedung pengadilan. Hal ini tentu sangat jarang dilakukan oleh lembaga peradilan-peradilan dan pada hal ini sidang keliling hanya dilaksanakan pada pengadilan tingkat pertama. Sidang keliling adalah proses persidangan yang dilakukan diluar gedung pengadilan, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat untuk menempuh jalur hukum atau mencari keadilan. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke pengadilan, cukup datang ke tempat sidang keliling dilaksanakan. Dalam hal ini Pengadilan Agama Sleman mengadakan sidang keliling di 3 (tiga) kecamtan dari bulan Juli sampai dengan Desember 2016. Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Prambanan, Kecamatan Cangkringan dan Kecamatan Pakem. Ketiga kecamatan tersebut dipilih karena lokasinya jauh dari kantor Pengadilan Agama Sleman dan banyak para pihak yang berperkara dari ketiga kecamatan tersebut. Mengenai yang diteliti dalam penelitian ini adalah, sejauh mana efektifitas sidang keliling tersebut dilaksanakan, apa yang dirasakan oleh para pihak yang berperkara dengan adanya sidang keliling ini, juga factor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan sidang keliling baik dalam bidang kesekretariatan dan kepaniteraan dan tentu saja adalah implikasi sidang keliling terhadap angka perceraian dan para pihak yang berperkara di Pengadilan Agama Sleman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa sidang keliling yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Sleman sangat membantu para pihak yang berada jauh dari kantor Pengadilan Agama Sleman serta masyarakat menegah kebawah menjadi mudah dalam beracara tidak harus datang ke kantor pengadilan. Meskipun dengan anggaran dan waktu yang terbatas serta kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan sidang keliling, terutama dalam hukum acara yang digunakan pada sidang keliling mash sama dengan hukum acara persidangan biasa belum ada hukum acara yang secara khusus mengatur persidangan pada sidang keliling. Sidang keliling dalam penyelesaian perkara perceraian di Pengadilan Agama Sleman memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat miskin atau menengah ke bawah (justice for the poor). Pengadilan Agama Sleman sangat tepat membuat kebijakan yang beracara pada sidang keliling adalah perkara tanpa kuasa hukum, hal ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu karena mendapat jatah semakin banyak untuk sidang di balai desa setempat. Hal tersebut juga sejalan dengan prinsip maqosid syari’ah yaitu ) حفظ النفس ( dan ) .)حفظ المال Kata Kunci: Sidang Keliling, Cerai Talak, Cerai Gugat, Pengadilan Agama, Sleman, Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamim Ilyas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sidang Keliling, Cerai Talak, Cerai Gugat, Pengadilan Agama, Sleman, Yogyakarta
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2017 10:31
Last Modified: 25 Apr 2017 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum