EFEKTIVITAS INFORMASI BAHAYA SEKS BEBAS, NARKOBA DAN HIV AIDS UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA AKAN BAHAYA PERGAULAN BEBAS(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sragi Lampung Selatan)

NOFFIYANTI, NIM. 1520310041 (2017) EFEKTIVITAS INFORMASI BAHAYA SEKS BEBAS, NARKOBA DAN HIV AIDS UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA AKAN BAHAYA PERGAULAN BEBAS(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sragi Lampung Selatan). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS INFORMASI BAHAYA SEKS BEBAS, NARKOBA DAN HIV AIDS UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA AKAN BAHAYA PERGAULAN BEBAS(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sragi Lampung Selatan))
1520310041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS INFORMASI BAHAYA SEKS BEBAS, NARKOBA DAN HIV AIDS UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA AKAN BAHAYA PERGAULAN BEBAS(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sragi Lampung Selatan))
1520310041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi bahaya seks bebas, narkoba, dan HIV AIDS efektif untuk mengingatkan kesadaran diri siswa akan bahaya pergaulan bebas. Penelitian dilakukan dengan true eksperimental design pada 70 subjek penelitian terdiri dari 40 subjek kelompok ekpserimen dan 30 subjek sebagai anggota kelompok kontrol. Tingkat kemampaun kesadaran diri diukur dengan menggunakan skala kesadaran diri. Intervensi dilakukan selama lima hari pertemuan. Hari pertama adalah diadakannya pretest untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hari kedua diberikan intervensi mengenai bahaya seks bebas untuk kelompok ekspeimen. Hari ketiga diberikan intervensi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba pada siswa. Hari ke empat diberikan bahayanya virus HIV AIDS untuk siswa dan sekaligus posttest untuk kelompok eksperimen. Hari kelima diberikan posttest untuk kelompok kontrol dan sekaligus diberikan materi Informasi Bahaya Sesk Bebas, Narkoba dan HIV AIDS. Penelitian ini menemukan Uji statistik paired sample t test menunjukkan bahwa kesadaran diri mengalami kenaikan 17,8 poin setelah diberikan intervensi dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil analisis mengungkap adanya perubahan keadaan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol antara sebelum dan setelah intervensi. Kemudian hasil uji independent sample t test menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Hal ini berarti dapat mengingatkan kesadaran diri siswa akan bahaya pergaulan bebas. Kata kunci :Kesadaran Diri, Pergaulan Bebas, Informasi Bahaya Seks Bebas,Narkoba dan HIV AIDS

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Diri, Pergaulan Bebas, Informasi Bahaya Seks Bebas,Narkoba dan HIV AIDS
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2017 13:55
Last Modified: 21 Apr 2017 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum