TAZKIYATUN NAFS DAN PELATIHAN KOMUNIKASI KONSELING GUNA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI CALON KONSELOR ISLAMI(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram)

Lalu Abdurrachman Wahid, NIM. 1520310040 (2017) TAZKIYATUN NAFS DAN PELATIHAN KOMUNIKASI KONSELING GUNA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI CALON KONSELOR ISLAMI(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TAZKIYATUN NAFS DAN PELATIHAN KOMUNIKASI KONSELING GUNA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI CALON KONSELOR ISLAMI(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram))
1520310040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TAZKIYATUN NAFS DAN PELATIHAN KOMUNIKASI KONSELING GUNA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI CALON KONSELOR ISLAMI(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram))
1520310040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (593kB)

Abstract

Adanya kegelisahan dari kalangan pengajar (dosen) dan atau mahasiswa BKI mengenai eksistensinya setelah selesai menempuh kuliah S-1 Bimbingan dan Konseling Islam, dikarenakan banyaknya tantangan yang menimbulkan keyakinan akan kemampuannya rendah, ketidak percayaan diri, efikasi diri yang rendah serta ketidaksiapan dalam melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling dan atau Bimbingan dan Konseling Islam nantinya. Jika keyakinan akan kemampuan diri (efikasi diri) calon konselor rendah, maka sudah dapat dipastikan dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling ia akan mengalami banyak hambatan dikarenakan ketidak percayaan dirinya, sehingga di sini perlu diberikan intervensi berupa tazkiyatun nafs dan pelatihan komunikasi konseling guna meningkatkan efikasi diri calon konselor islami. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tazkiyatun nafs dan pelatihan komunikasi konseling dapat meningkatkan efikasi diri calon konselor islami dan untuk mengetahui apakah tazkiyatun nafs dan pelatihan komunikasi konseling dapat meningkatkan efikasi diri calon konselor islami pada aspek tingkat kesulitan (level), keluasan (generality), dan ketahanan (strength). Penelitian dilakukan dengan true eksperimental pada 72 subjek penelitian yang pada akhirnya hanya 49 subjek yang dapat dianalisis, yaitu terdiri dari 25 subjek kelompok eksperimen dan 24 subjek sebagai anggota kelompok kontrol. Tingkat kemampuan efikasi diri diukur menggunakan skala kemampuan efikasi diri calon konselor islami. Intervensi dilakukan selama 5 kali pertemuan. Pada pertemuan pertama hanya pengenalan dan pelaksanaan pretest kelompok eksperimen dan kontrol, pertemuan kedua adalah pemberian materi tentang tazkiyatun nafs dan cara mengaplikasikan sarana tazkiyatun nafs dalam praktek konseling, pertemuan ketiga penyampaian materi mengenal dan mendalami keterampilan dasar dalam konseling, kemudian pertemuan keempat penyampaian materi tentang keterampilan komunikasi konseling (keterampilan pengamatan, mendengarkan aktif dan keterampilan empati) serta pemberian posttest kelompok eksperimen, dan pertemuan terakhir pelaksanaan posttest kelompok kontrol. Hasil Penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan melalui uji paired sample t test antara pretest dan posttest kelompok eksperimen dalam hal aspek level, aspek generality, aspek strength, dan efikasi diri secara keseluruhan, yaitu memiliki nilai probabilitas berturut-turut sebesar 0,001, 0,005, 0,000, dan 0,000. Demikian pula diperoleh hasil yang signifikan melalui uji independent sample t test yakni perbandingan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu nilai probabilitasnya berturut- turut sebesar 0,000, 0,015, 0,031, dan 0,001.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, MA.
Uncontrolled Keywords: Takiyatun nafs, komunikasi konseling
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2017 13:57
Last Modified: 21 Apr 2017 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum