KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Siti Lailatul Qodriyah, NIM. 12410163 (2016) KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410163_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410163_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Korelasi Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru dengan Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kenyataan terdapat siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta yang memiliki persepsi baik terhadap kompetensi pedagogik guru PAI, namun dia masih belum merasa puas dengan pembelajaran PAI yang diajarkan guru PAI tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian mengenai Korelasi Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru dengan Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta, untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru dengan Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 – VIII-9 SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Karena populasi kurang dari 10.000 maka pengambilan sampel dilakukan menurut rumus Taro Yamane atau Slovin, yaitu n = N/ Nd2 +1, dan diketahui jumlah sampel sebanyak 60 responden. Sampel diambil dari 10 siswa tiap kelas pada populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.925 dan 0.918, dengan demikian angket dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI tergolong cukup baik dan bernilai positif, dengan presentase 36.7 % dan berada pada interval 84-93. 2) Tingkat Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran PAI tergolong cukup tinggi dengan presentase 40 % dan berada pada interval 68-76. 3) Terdapat korelasi positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan kepuasan siswa dalam pembelajaran PAI, semakin baik persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI, maka semakin tinggi tingkat kepuasan siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.851 dan signifikansinya 0.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru mempengaruhi tingkat kepuasan siswa dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Kompetensi Pedagogik, Kepuasan Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Apr 2017 13:23
Last Modified: 19 Apr 2017 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum