PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN KEGUNAAN MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH

Suratiyem, . (2015) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN KEGUNAAN MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH. AL BIDAYAH, Vol. 7 (No. 1). pp. 75-87. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Image (07. Suratiyem - PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN KEGUNAAN MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH)
cover bidayah vol 7 no 1 juni 2015.jpg - Cover Image

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (07. Suratiyem - PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN KEGUNAAN MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (07. Suratiyem - PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN KEGUNAAN MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH)
07. Suratiyem - PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN KEGUNAAN MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Th is classroom action research is used to increase student motivation and learning ability so that student achievement in subjects of Natural Sciences can be increased. Th is research is useful to increase the motivation to learn science and the value of the electrical energy fi eld. Th e study was conducted over four months and place research at State Primary School Pungsari 2 Plupuh District of Sragen. Th e object of research were students of fi rst level class with a population of 16 students. Th e method used in this research is the method of “make a match” in teaching subject of natural science. Data collection through written tests, observation, direct practice and interviews. Th is study was done through two cycles, with “make a match” as a method of approach. Th e fi ndings began in initial conditions (fi rst cycle) and the fi nal condition (second cycle). It showed an increase, both in motivation and the average value of natural science. Motivational value from 65.5 to 81.3 and the average value natural science at the fi rst cycle of 60.3 and the second cycle at 73.4, the learning process was oriented on the increasing trend of science lessons. Keywords: motivation, outcomes, learning, methods, make a match. *** Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk peningkatan motivasi dan kemampuan belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami kenaikan. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan nilai hasil belajar IPA bidang energi listrik. Penelitian dilakukan selama empat bulan dan tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Pungsari 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Obyek penelitian adalah siswa kelas 1 dengan populasi 16 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode make a match bidang pembelajaran IPA. Pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi, praktek langsung dan interview. Penelitian ini dlakukan melalui dua siklus, dan make a match sebagai metode pendekatannya. Hasil penelitian dimulai dari kondisi awal (siklus I) dan kondisi akhir (siklus II). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan, baik pada motivasi maupun rata-rata nilai IPA. Nilai motivasi 65,5 menjadi 81,3 dan nilai rata-rata IPA pada kondisi siklus I sebesar 60,3 dan siklus II sebesar 73,4, proses pembelajaran diorentasikan pada trend peningkatan proses pelajaran IPA. Kata kunci: motivasi, hasil, belajar, metode,make a match

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil, belajar, metode,make a match
Subjects: Pendidikan
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 May 2017 10:56
Last Modified: 03 May 2017 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum