PENANGGULANGAN AGRESIVITAS SISWA SECARA ISLAMI MELALUI PROGRAM WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

FITROTUL AZIZAH, NIM. 12410172 (2017) PENANGGULANGAN AGRESIVITAS SISWA SECARA ISLAMI MELALUI PROGRAM WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANGGULANGAN AGRESIVITAS SISWA SECARA ISLAMI MELALUI PROGRAM WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
12410172_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENANGGULANGAN AGRESIVITAS SISWA SECARA ISLAMI MELALUI PROGRAM WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
12410172_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah beberapa tahun belakangan ini media banyak sekali memberitakan kasus kekerasan terhadap anak dan juga siswa. Di mana kekerasan sangat berbahaya karena berdampak pada fisik dan psikis anak. Dengan begitu upaya penanggulangan baik secara preventif maupun represif perlu digalakkan agar dapat meminimalisir tindakan kekerasan. SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang sudah memiliki program-program khusus untuk menanggulangi kekerasan di sekolah, dengan mengetahui programprogram dan juga pengimplementasiannya, diharapkan kekerasan dapat diminimalisir seminimal mungkin, bahkan dibasmi hingga akar-akarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian pada SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari Waka Kesiswaan, guru Bimbingan Konseling dan pesera didik kelas XI. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dengan dua cara, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Agresivitas yang terjadi di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta meliputi: a) Agresi fisik aktif langsung seperti berkelahi dan tawuran; b) Agresi fisik aktif tidak langsung yaitu merusak dan mengotori fasilitas sekolah; c) Agresi verbal aktif langsung seperti berani dengan guru dan bullying. 2) Program penanggulangan agresivitas yang diterapkan oleh SMA Muhammadiyah 7 meliputi program pencegahan dan program penanganan dan pengobatan. Program pencegahan meliputi sosialisasi, pemangkasan tempattempat menongkrong, kerjasama dengan kepolisian dan memberikan teladan yang baik bagi siswa-siswa. Adapun program penanganan dan pengobatan meliputi teguran secara lisan, pemberian nasehat secara terus menerus, penerapan poin, pemberian hukuman yang mendidik, kerjasama dengan wali murid untuk melakukan pemantaun terhadap siswa selama di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanggulangan, Agresivitas, Program Waka Kesiswaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Apr 2017 08:29
Last Modified: 20 Apr 2017 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum