PERBANDINGAN POLA BELAJAR MAHASISWA SANTRI DAN NON SANTRI (STUDI TERHADAP MAHASISWA JURUSAN PAI ANGKATAN 2014 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

SRI HARDIYANTI, NIM. 13410057 (2017) PERBANDINGAN POLA BELAJAR MAHASISWA SANTRI DAN NON SANTRI (STUDI TERHADAP MAHASISWA JURUSAN PAI ANGKATAN 2014 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERBANDINGAN POLA BELAJAR MAHASISWA SANTRI DAN NON SANTRI (STUDI TERHADAP MAHASISWA JURUSAN PAI ANGKATAN 2014 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13410057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN POLA BELAJAR MAHASISWA SANTRI DAN NON SANTRI (STUDI TERHADAP MAHASISWA JURUSAN PAI ANGKATAN 2014 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13410057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola belajar merupakan masalah penting yang perlu mendapat perhatian khusus di kalangan mahasiswa sebagai pelajar. Salah satu faktor internal yang ikut berperan dalam keberhasilan mahasiswa dalam menguasai mata kuliah adalah pola belajar.Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pokok masalah tentang : (1) pola belajar mahasiswa santri PAI angkatan 2014 (2) pola belajar mahasiswa non santri PAI angkatan 2014 (3) perbandingan pola belajar mahasiswa santri dan non santri PAI angakatan 2014 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseacrh) dengan menggunakan metode kualitatif yang mana penelitian ini pengumpulan datanya menggunkan in-depth interviews (wawancara mendalam), observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis. Pendekatan ini dipilih karena pendekatan sosiologi adalah suatu pendekatan yang menggunakan studi sistematik tentang interaksi manusia. Peneliti menggunakan pendekatan ini untuk mengetahui bagaimana aktifitas belajar mahasiswa santri dan non santri jurusan PAI angkatan 2014 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pola belajar yang paling banyak dilakukan mahasiswa santri adalah dengan diskusi dan mandiri 2) pola belajar yang banyak dilakukan mahasiswa non santri adalah dengan mandiri kemudian di diskusikan kepada teman atau dosen 3) perbandingan pola belajar mahasiswa santri dan non santri mempunyai banyak perbedaan dan persamaan. Persamaannya adalah sama-sama mempunyai alokasi waktu untuk belajar, memiliki pola belajar masing-masing, mempunyai tanggung jawab untuk belajar, pola belajar yang dilakukan dengan diskusi akan membutuhkan waktu yang lama, pola belajar mandiri lebih cepat merasa bosan, dan pola belajar tutor sebaya membutuhkan kedekatan dengan orang lain. Perbedaannya adalah (1) alokasi waktu belajar mahasiswa santri lebih teratur sedangkan mahasiswa non santri kurang teratur (2) Jadwal kegiatan santri lebih teratur dan disiplin dan mahasiswa non santri jadwal kegiatan kurang teratur dan kurang disiplin (3) mahasiswa santri terikat dengan peraturan pondok pesantren sedangkan mahasiswa non santri lebih bebas (4) pola belajar mandiri mahasiswa santri menyesuaikan dengan jadwal pondok pesantren sedangkan pola belajar mandiri mahasiswa non santri bisa kapan saja (5) bidang keilmuan keagamaan mahasiswa santri lebih unggul. Kelebihan mahasiswa santri dengan pola belajar diskusi sudah ada ketersediaan teman. Sedangkan kelebihan mahasiswa non santri pola belajar mandiri lebih tenang dan efketif. Kekurangan mahasiswa santri pola belajar mandiri sulit mencari lingkungan yang efektif. Kekurangan mahasiswa non santri pola belajar diskusi sulit mencari teman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar, Mahasiswa santri, Mahasiswa non santri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Apr 2017 11:30
Last Modified: 11 Apr 2017 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum