FENOMENA KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP)

VEMILA AFON SONIA, NIM. 13410060 (2017) FENOMENA KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (FENOMENA KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP))
13410060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img]
Preview
Text (FENOMENA KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP))
13410060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (758kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sebagian anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap memiliki minat yang besar kepada game oline. Mulai bermunculannya game center atau warnet menyebabkan anak semakin banyak yang bermain game online dan banyak dari mereka yang mengalami kecanduan sehingga berdampak pada terganggunya aktivitas dan kegiatan seharihari seperti belajar materi Pendidikan Agama Islam, mengaji dan kegiatankegiatan keagamaan lainnya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fenomena kecanduan game online pada anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap dan bagaimana pengaruhnya terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang fenomena kecanduan game online pada anak dan pengaruhnya terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed methods) dengan mengambil latar di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupten Cilacap dengan mengambil sampel sebanyak 50 anak secara acak (random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas meunjukkan dari 12 soal terdapat 11 soal valid. Sedangkan analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,858 dan dinyatakan reliabel. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Fenomena game online pada anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap sedang menjadi tren baru yang menarik minat anak sehingga menyebabkan mereka kecanduan. (2) Rendahnya minat belajar Pendidikan Agama Islam pada anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. (3) Kecanduan game online mempengaruhi minat belajar Pendidikan Agama Islam pada anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap.Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sebagian anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap memiliki minat yang besar kepada game oline. Mulai bermunculannya game center atau warnet menyebabkan anak semakin banyak yang bermain game online dan banyak dari mereka yang mengalami kecanduan sehingga berdampak pada terganggunya aktivitas dan kegiatan seharihari seperti belajar materi Pendidikan Agama Islam, mengaji dan kegiatankegiatan keagamaan lainnya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fenomena kecanduan game online pada anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap dan bagaimana pengaruhnya terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang fenomena kecanduan game online pada anak dan pengaruhnya terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed methods) dengan mengambil latar di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupten Cilacap dengan mengambil sampel sebanyak 50 anak secara acak (random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas meunjukkan dari 12 soal terdapat 11 soal valid. Sedangkan analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,858 dan dinyatakan reliabel. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Fenomena game online pada anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap sedang menjadi tren baru yang menarik minat anak sehingga menyebabkan mereka kecanduan. (2) Rendahnya minat belajar Pendidikan Agama Islam pada anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. (3) Kecanduan game online mempengaruhi minat belajar Pendidikan Agama Islam pada anak di Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah., M.Si
Uncontrolled Keywords: minat belajar Pendidikan Agama Islam, kecanduan game online
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Apr 2017 11:57
Last Modified: 11 Apr 2017 11:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum