DAMPAK PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

FITRI ASTUTI, NIM. 12410244 (2017) DAMPAK PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA)
12410244_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA)
12410244_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (734kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penilaian autentik di SMK Negeri 1 Bantul telah dilaksanakan sejak tahun 2013, asumsinya apabila tahun 2013 telah dilaksanakan sudah seharusnya perilaku keagamaan peserta didik semakin baik dan terpantau dengan baik pula, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak perilaku yang menyimpang dari ajaran agama Islam, oleh sebab itu perlu diteliti kembali pelaksanaan penilaian autentik di SMK Negeri I Bantul dan dampaknya terhadap perilaku keagamaan. Penilaian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan penilaian autentik dan dampaknya terhadap perilaku keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Negeri I Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna pada data yang telah diperoleh, dari makna yang dikumpulkan tersebut ditarik kesimpulan. Proses uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian sikap pada mata pelajaran PAI masih belum autentik karena penilaian baru dilaksanakan dengan observasi yang tidak berpedoman pada aspek-aspek yang ingin diamati, sedangkan instrumen lain seperti penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal belum dipraktikkan (2) penilaian pengetahuan pada mata pelajaran tergolong PAI juga tergolong belum autentik karena mayoritas tes yang digunakan adalah pilihan ganda, tidak ada dokumen tentang tes lisan dan dokumen penugasan dari pendidik ke peserta didik (3) Penilaian keterampilan di SMK Negeri I Bantul belum tergolong autentik, karena penilaian keterampilan yang dilakukan dengan tes praktik tidak didasari dengan rubrik penilaian yang digunakan sebagai acuan penilaian (4) dampak penilaian autentik terhadap perilaku keagamaan peserta didik secara keseluruhan adalah bertambahnya kebaikan peserta didik dalam hal akhlak dan ibadah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Perilaku Keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2017 14:05
Last Modified: 18 Apr 2017 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum