INTEGRASI MATERI PENCEGAHAN PERILAKU LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, AND TRANSGENDER) DALAM BUKU SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS

ARFAN KURNIA PRAKASA, NIM. 13410017 (2017) INTEGRASI MATERI PENCEGAHAN PERILAKU LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, AND TRANSGENDER) DALAM BUKU SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI MATERI PENCEGAHAN PERILAKU LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, AND TRANSGENDER) DALAM BUKU SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS)
13410017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI MATERI PENCEGAHAN PERILAKU LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, AND TRANSGENDER) DALAM BUKU SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS)
13410017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah semakin meningkatnya kaum LGBT di Indonesia. Mereka melakukan kampanye pelegalan LGBT melaui komunitas yang mereka miliki. Hal tersebut menjadi sangat mengkhawatirkan karena mereka sudah menyasar kaum remaja di Indonesia untuk dapat mengikuti apa yang mereka perbuat. Maka PAI dan Budi Pekerti sebagai sebuah mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting untuk memberikan pendidikan bagi kaum remaja bahwa LGBT itu dilarang dilihat dari sudut pandang agama Islam. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai bagaimana pencegahan perilaku LGBT (lesbian, gay, bisexual, and transgender) melalui integrasi materi dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti pada jenjang SMA. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data yang relevan pada buku, majalah, dan berita yang membahas tentang materi pencegahan perilaku LGBT, serta berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis, yaitu penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara mengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti kelas X terdapat materi yang memiliki nuansa integrasi dengan materi pencegahan perilaku LGBT, yaitu (1) Ayat-ayat Alquran dan hadis tentang perintah berbusana muslim/muslimah, (2) Pengertian zina, hukum zina, kategori zina, hukum bagi pezina, dan larangan mendekati zina. Sedangkan dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti kelas XII, yaitu: (1) Perintah saling menasehati, (2) Pengertian pernikahan dan pernikahan yang tidak sah. Walaupun materi-materi tersebut sudah memiliki nuansa integrasi dengan materi pencegahan perilaku LGBT, namun belum secara eksplisit disebutkan dalam buku. Oleh karena itu, perlu ditambahkan beberapa materi seperti pada (1) Materi ayat-ayat Alquran dan Hadis tentang perintah berbusana muslim/muslimah perlu ditambahkan materi pencegahan perilaku LGBT tentang haramnya memakai pakaian yang diperuntukkan untuk lawan jenis, (2) Sub materi pengertian zina, hukum zina, kategori zina, hukum bagi pezina, dan larangan mendekati zina teridentifikasi perlu ditambahkan materi pencegahan perilaku LGBT tentang pengertian, hukum, kategori, dan hukuman bagi pelaku LGBT, serta larangan mendekati perilaku LGBT, (3) Materi tentang perintah saling menasehati perlu ditambahkan materi pencegahan perilaku LGBT tentang cara-cara mengingatkan kepada sesama teman yang memiliki prilaku lesbian, gay, biseksual, dan transgender, (4) Sub materi pengertian pernikahan dan pernikahan yang tidak sah perlu ditambahkan materi tentang pengertian pernikahan sejenis dan ketidakabsahannya pernikahan sejenis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: PENCEGAHAN PERILAKU LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, AND TRANSGENDER), BUKU SISWA PAI DAN BUDI PEKERTI, SEKOLAH MENENGAH ATAS
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2017 09:16
Last Modified: 18 Apr 2017 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum