IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL (PROGRAM TAHFIZ) DI MTs NEGERI GODEAN SLEMAN

Septia Darmayanti, NIM. 13410021 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL (PROGRAM TAHFIZ) DI MTs NEGERI GODEAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL (PROGRAM TAḤFĪẒ) DI MTs NEGERI GODEAN SLEMAN)
13410021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL (PROGRAM TAḤFĪẒ) DI MTs NEGERI GODEAN SLEMAN)
13410021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa umat Islam mempunyai kewajiban untuk memelihara al-Qur’an yaitu dengan cara menghafalnya. Maka dari itu perlunya gerakan agar orang Islam mempunyai kesadaran untuk menghafal al-Qur’an. Maka dari itu, Kanwil Kemenag Prov. D.I.Yogyakarta mencanangkan madrasah taḥfīẓ.Kanwil Kemenag Prov. D.I.Yogyakarta memberikan keleluasaan bagi masing-masing madrasah untuk menyusun dan membuat terkait teknis daripada kurikulum taḥfīẓ itu sendiri salah satunya MTs N Godean. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang implementasi kurikulum dari program taḥfīẓ. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana konsep, pelaksanaan, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum muatan lokal pada program taḥfīẓ di Kelas VIII MTs Negeri Godean Sleman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi kurikulum muatan lokal (program taḥfīẓ) di MTs Negeri Godean Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Godean Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan jenis deskriptif analitik dengan bantuan analisis SWOT yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan (Milles&Huberman). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep kurikulum program taḥfīẓ kelas VII di dalamnya terdapat taḥsīn, kelas VIII hafalan dari an-Nās sampai al-Burūj, dan kelas IX meneruskan hafalan dari kelas VIII. (2) Pelaksanaan taḥfīẓ dilakukan setiap hari Sabtu pada jam terakhir, setiap anak maju satu per satu menyetorkan hafalannya. (3) Faktor pendukung pelaksanaan program taḥfīẓ adalah lokasi madrasah yang cukup mendukung, adanya surat edaran dari Kanwil, perencanaan kurikulum yang cukup matang, penggunaan metode pembelajaran yang cukup bagus, kelengkapan pembelajaran program taḥfīẓ, evaluasi pembelajaran, program monitoring taḥfīẓ dari Kanwil, penghargaan dari Kemenag bagi siswa berprestasi. Sedangkan faktor penghambat penerapan program taḥfīẓ yaitu input peserta didik yang beragam, guru pengampu taḥfīẓ yang belum profesional, motivasi siswa yang kurang stabil, pengaturan jam pelajaran taḥfīẓ, kondisi kelas yang kurang mendukung, lingkungan madrasah yang kurang membangun suasana, kompetitor sejenis, partisipasi dan kerja sama antara pihak madrasah dan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Muatan Lokal, Program Taḥfīẓ, Analisis SWOT
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2017 09:18
Last Modified: 18 Apr 2017 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum