EFEKTIVITAS PROGRAM TUTORIAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI DI MAPK MAN 1 SURAKARTA)

ISLAHUL MAWADDAH, NIM. 13410093 (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM TUTORIAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI DI MAPK MAN 1 SURAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM TUTORIAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI DI MAPK MAN 1 SURAKARTA))
13410093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM TUTORIAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI DI MAPK MAN 1 SURAKARTA))
13410093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembelajaran Fiqih yang memikul tanggung jawab untuk dapat memberikan kompensasi sebagai manusia yang mampu memahami dan mengamalkan hukum Islam menjadikan sebuah tuntutan dalam proses pembelajarannya agar terciptanya situasi pembelajaran yang efektif. Namun pada kenyataannya tidak sedikit di sekolah khususnya pada Madrasah Aliyah, mata pelajaran Fiqih seringkali dianggap sulit oleh para peserta didik Dengan adanya pembekalan materi tambahan melalui bimbingan belajar sebagaimana program tutorial yang diadakan di MAPK MAN 1 Surakarta, diharapkan akan membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran Fiqih. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan program tutorial, Bagaimana efektivitas program tutorial dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran Fiqih, Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tutorial dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran Fiqih di MAPK MAN 1 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang efektivitas program tutorial dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran Fiqih di MAPK MAN 1 Surakarta serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tutorial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MAPK MAN 1 Surakarta. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif-analitik selanjutnya untuk menganalisis data yang berupa angka yaitu hasil tes siswa, peneliti menganalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan program tutorial di mulai dari pukul 14.00-16.00 dengan model pembelajaran klasikal, dengan metode pembelajaran sorogan, alur pembelajaran yakni pembukaan, inti pelajaran dan penutup, sedangkan sistem evaluasi pembelajaran program tutorial dilaksanakan diakhir semester dengan mengadakan tes standar tutorial (2) Pelaksanaan program tutorial berjalan efektif, karena tujuan yang diharapkan sebanding dengan hasil perolehan siswa. Hal ini ditandai dengan proses pembelajaran di kelas dan hasil perolehan nilai UAS Fiqih siswa, yaitu dengan nilai rata-rata 80.40, merujuk pada konsep belajar tuntas bahwa nilai 80.40 dapat dinyatakan tuntas sehingga pembelajarn dapat disimpulkan efektif. (3) Faktor pendukung Program tutorial yakni dalam pelaksanaannya mewajibkan seluruh siswa mengikutinya, guru yang mengajar dinilai sudah kompeten sebagaian guru yang mengajar program tutorial merupakan pembina asrama sehingga kedekatan emosional antara guru dan siswa sudah terjalin erat, Lingkungan dan suasana sekolah yang kondisif, Input siswa yang berasal dari sekolah Islam memudahkan dalam mengajar. Sedangkfaktor penghambat pelaksanaan program tutorial buku pegangan guru belum baku, kurangnya metode pembelajaran yang variatif, waktu pelaksaan pembelajaran yang kurang efektif, dan kurang lengkapnya sarana penunjang pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khalil, M.Ag selaku
Uncontrolled Keywords: efektifitas program tutorial, pembelajaran fiqh
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Apr 2017 14:51
Last Modified: 11 Apr 2017 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum