EFEKTIVITAS METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman)

Siska Yuliyani, NIM. 13410056 (2017) EFEKTIVITAS METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman))
13410056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman))
13410056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam suatu pembelajaran, guru sering asal mengajar dan kurang memperhatikan metode. Padahal peran metode dan pengajaran itu sangat penting. Metode merupakan cara untuk mengantarkan materi pelajaran mencapai tujuan. Namun, dalam kenyataannya penggunaan metode selain KIBAR, misalnya iqro’ memakan waktu yang cukup lama dan banyaknya huruf hijaiyah yang diulang-ulang, kurang variasi dalam hal bentuk produknya, sehingga anak cepat bosan dan kurangnya target pencapaian kelulusan. Hasilnya, siswa yang menggunakan metode yang kurang menarik atau tanpa menggunakan metode akan mempunyai keluaran dengan kemampuan yang kurang, jika kita kaitkan dengan baca tulis al-Qur’an maka kurang memperhatikan tajwid dan makharijul huruf sesuai kaidah yang benar. Dengan adanya metode KIBAR ini diharapkan siswa-siswi bisa lulus membaca buku KIBAR tidak lebih dari satu tahun, dan mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai sesuai dengan makhorijul huruf. Bagaimana prosedur penerapan metode KIBAR? Bagaimana efektivitas metode tersebut? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data Guru PAI, tentor dan peserta didik SD Muhammadiyah Condongcatur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipant, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang dilakukan secara sistematis, kemudian display data berupa uraian deskriptif yang panjang, dan terakhir diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prosedur penerapan metode KIBAR dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SD Muhammadiyah Condongcatur adalah guru mengajar dengan metode privat dan berhadapan langsung dengan anak, dengan cara tersebut, ustadz/ustadzah bisa menjelaskan langsung pokok bahasan, menyimak bacaan anak, kemudian memantau bacaannya 2) Efektivitas metode KIBAR terhadap kelancaran membaca al-Qur’an dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SD Muhammadiyah Condongcatur efektif. Hal tersebut tercermin pada waktu pelaksanaan relatif singkat, pembelajaran yang mudah dan menyenangkan, dan hasil yang dicapai siswa cukup baik. Selain itu, keefektivitasan pembelajaran ini dapat dilihat dari indikator pembelajaran efektif antara lain pengorganisasian materi sudah berjalan dengan baik, komunikasi yang efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap materi pembelajaran, sikap positif terhadap siswa, pemberian nilai yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, hasil belajar yang baik. Prinsip-prinsip belajar efektif juga terpenuhi yaitu perhatian, motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung, pengulangan, tantangan, penguatan dan perbedaan individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman, M.A.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode KIBAR, Baca Tulis al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2017 09:17
Last Modified: 18 Apr 2017 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum