PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL (Telaah Psikolinguistik)

Retno Yulaicha, NIM. 12420041 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL (Telaah Psikolinguistik). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL (Telaah Psikolinguistik))
12420041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL (Telaah Psikolinguistik))
12420041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi peneliti bahwa latar belakang pendidikan santri ini bukan berbasis pesantren atau sekolah agama akan tetapi berbasis non agama yaitu mayoritas peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul berasal dari Sekolah Dasar (SD) dan SMP yang sebagian besar berlatar belakang dari kalangan umum Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Untuk data yang bersifat kualitatif penulis menyajikan denga empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Adapun data kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata siswa dengan rumus mean. Sehingga penulis bisa mengelolah data dan menganalisis data yang diperoleh untuk menemukan konsep satu formula atau konsep yang efektif dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Al Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul sebagian besar mengacu pada teori psikolinguistik, yaitu disesuiakan dengan kebutuhan psikologi peserta didik. Diawali dari materi yang di bedakan setiapkelasnya , disebabkan karena faktor usia peserta didik dan tingkat kemampuan yang berbeda. Selain itu, metode yang dipilih oleh guru adalah metode yang dapat meningkatkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran Dalam hal kemampuan berbasaha Arab dari segi usia, siswa yang berusia delapan tahun dominan lebih pandai dibandingkan dengan siswa berusia sembilan tahun. Namun jika dilihat dari segi latar belakang orang tua yang pernah belajar bahasa arab, siswa yang orang tuanya pernah belajar bahasa Arab lebih menguasai jika dibandingkan dengan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar bahasa Arab. Dalam hal kefasihan berbahasa Arab dari segi usia, siswa yang berusia sembilan tahun lebih fasih dibandingkan dengan siswa yang berusia delapan tahun. Jika dilihat dari segi latar belakang orang tua yang pernah belajar bahasa Arab, siswa yang memiliki orang tua yang pernah belajar bahasa Arab lebih fasih dibandingkan dengan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, Psikoliguistik
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Apr 2017 09:02
Last Modified: 17 Apr 2017 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum