EFEKTIVITAS METODE TIKRA̅R DALAM PROGRAM ḤIFẒUL QUR’AN SANTRI MADRASAH ALIYAH PONPES AL IMAN MUNTILAN MAGELANG

MAITSA ULINNUHA ASSALWA, NIM. 13410179 (2017) EFEKTIVITAS METODE TIKRA̅R DALAM PROGRAM ḤIFẒUL QUR’AN SANTRI MADRASAH ALIYAH PONPES AL IMAN MUNTILAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE TIKRA̅R DALAM PROGRAM ḤIFẒUL QUR’AN SANTRI MADRASAH ALIYAH PONPES AL IMAN MUNTILAN MAGELANG)
13410179_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE TIKRA̅R DALAM PROGRAM ḤIFẒUL QUR’AN SANTRI MADRASAH ALIYAH PONPES AL IMAN MUNTILAN MAGELANG)
13410179_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya metode tikrār efektif dan mudah diaplikasikan dan diterapkan dalam proses ḥifẓul qur’an bagi santri Madrasah Aliyan Ponpes Al Iman Muntilan. Namun pada kenyataannya metode ini tidak benar-benar efektif bagi semua santri. Oleh karena itu, diadakan penelitian tentang efektivitas metode tikrār dalam program ḥifẓul qur’an santri Madrasah Aliyah Ponpes Islam Al Iman Muntilan Magelang. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode tikrār dan bagaimana efektifitas metode tikrār dalam program ḥifẓul qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan secara gamblang tentang penerapan dan efektifitas metode tikrār dalam program ḥifẓul qur’an santri Madrasah Aliyah Ponpes Al Iman Muntilan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar Ponpes Al Iman Muntilan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan memberikan makna terhadap hasil yang dikumpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dengan tiga modus, yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan metode tikrār dalam program ḥifẓul qur’an santri madrasah aliyah ponpes al iman muntian dilaksanakan dengan beberapa strategi, pertama strategi pengulangan ganda yang dilakukan dua kali sehari yaitu pagi setelah sholat subuh selama 20 menit dan sore setelah sholat asar selama 15 menit. Kedua strategi pengulangan ayat yaitu untuk mendapatkan hafalan yang melekat santri hendaknya menghafal satu ayat dengan 10-20 kali pengulangan baru beralih keayat selanjutnya dan begitu seterusnya. Ketiga menggunakan satu jenis mushaf yang mana mushaf ini sudah ditentukan pesantren. Keempat menggunakan tanda tikrār serta memahami makna ayat dan memperhatikan ayat serupa. Kelima menyetorkan hafalan kepada pengampu yang bisa dilaksanakan setiap hari. Adapun evaluasi ḥifẓul qur’an dengan metode tikrār ini terjadwal selama empat kali dalam setahun. 2). Metode tikrār merupakan metode yang baik dan efektif bagi santri MA Ponpes Al Iman. Efektivitas metode tikrār ditunjukkan dengan kemampuan santri dalam satu bulan santri mampu menghafal satu surat panjang dari jus 30/29/28 dan seterusnya atau dua sampai tiga surat pendek dari juz ‘amma. Evektivitas metode ḥifẓul dipengaruhi oleh minat, motivasi, semangat, kedisiplinan dan kemampuan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Tikrār, Ḥifẓul Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Apr 2017 08:45
Last Modified: 12 Apr 2017 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum