EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA

YATINI, NIM. 13410240 (2017) EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA)
13410240_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA)
13410240_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran SKI diharapkan mampu meningkatkan apresiasi siswa terhadap kebudayaan islam, menambah wawasan siswa terhadap pengetahuan islam dan menanamkan sikap positif. Namun, karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran sejarah kurang tepat, hal ini membuat peserta didik banyak yang bersikap apatis terhadap mata pelajaran sejarah, khususnya SKI. MTs Muhammadiyah Gedongtengen adalah salah satu madrasah yang sangat memperhatikan keberhasilan belajar siswanya. Guru SKI menggunakan metode mnemonik dalam menyampaikan materi Sejarah Kebudayaan Islam. Mnemonik adalah salah satu teknik belajar yang memudahkan siswa untuk mengingat tempat, nama orang, waktu dan kejadian secara menarik. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: mengapa metode mnemonik diterapkan, bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode mnemonik, dan bagaimana efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode mnemonik pada mata pelajaran SKI di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang latar belakang diterapkannya metode mnemonik, proses pembelajaran dengan menggunakan metode mnemonik, dan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode mnemonik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Latar belakang digunakannya metode mnemonik pada pembelajaran SKI adalah untuk memudahkan memori dalam mengidentifikasi dan mengingat fakta sejarah, merangsang pendayagunaannya, sekaligus memperkuat daya ingat siswa yang akan berguna dalam mengidentifikasi berbagai fakta sejarah dengan cepat, mudah dan menyenangkan. (2) Proses pebelajaran dengan metode mnemonik meliputi mengolah informasi, menata informasi, menghubungkan informasi, memanfaatkan perangkat dan praktik atau latihan. (3) Pembelajaran SKI di MTs Muhammadiyah Gedongtengen sudah berjalan efektif, baik dilihat dari proses maupun hasil pembelajarannya. Nilai rata-rata siswa dari hasil tes formatif menunjukkan bahwa semua siswa sudah mencapai nilai KKM SKI yang ditentukan. Dalam efektivitas proses belajarnya, kelas VIII C lebih efektif dibandingkan kelas VIII B dan kelas VIII

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Mnemonik, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Apr 2017 09:13
Last Modified: 14 Jun 2021 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25244

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum