PENAFSIRAN AYAT-AYAT SYUKUR (KAJIAN TERHADAP KITAB AL-IBRῙZ LI MA’RIFATI TAFSῙR AL-QUR’ĀN AL- ʻAZῙZ KARYA BISYRῙ MUṢṬAFĀ)

NUR FALIHATUN, NIM. 12530060 (2017) PENAFSIRAN AYAT-AYAT SYUKUR (KAJIAN TERHADAP KITAB AL-IBRῙZ LI MA’RIFATI TAFSῙR AL-QUR’ĀN AL- ʻAZῙZ KARYA BISYRῙ MUṢṬAFĀ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN AYAT-AYAT SYUKUR (KAJIAN TERHADAP KITAB AL-IBRῙZ LI MA’RIFATI TAFSῙR AL-QUR’ĀN AL- ʻAZῙZ KARYA BISYRῙ MUṢṬAFĀ))
12530060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN AYAT-AYAT SYUKUR (KAJIAN TERHADAP KITAB AL-IBRῙZ LI MA’RIFATI TAFSῙR AL-QUR’ĀN AL- ʻAZῙZ KARYA BISYRῙ MUṢṬAFĀ))
12530060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ajaran-ajaran Islam yang tercatat dalam al-Qur’an dan as-Sunnah sangat beraneka ragam, di antara ajaran tersebut ialah tentang Syukur. Meskipun syukur merupakan pembahasan yang sudah tidak asing lagi di mata masyarakat, namun kenyataannya praktek perilaku syukur belum diterapkan secara sempurna oleh masyarakat. Padahal dalam al-Qur’an sudah jelas barang siapa yang bersyukur, maka akan diberi tambahan nikmat. Berdasarkan latar belakang tersebut, menghantarkan penulis untuk mengkaji tema syukur karena terdapat berbagai derivasi kata syukur dalam al-Qur’an yang berjumlah 23 bentuk yang tersebar ke 35 surat 69 ayat, dan penulis ingin mengetahui lebih dalam apa saja yang terkandung dalam kata syukur tersebut. Fokus penelitian ini adalah Penafsiran Ayat-ayat Syukur (Kajian terhadap Kitab al-Ibrῑz li Ma’rifati Tafsῑr al-Qur’ān al-Azῑz karya Bisyrῑ Muṣṭafā), penulis memilih kitab tafsir tersebut karena ingin mengetahui penafsiran beliau dari sudut pandang Jawa, apakah mempunyai pemikiran yang berbeda dengan kitab-kitab tafsir klasik sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan(Library Research), dalam penelitian ini penulis menggunakan metode descriptive-analisis yaitu dengan cara mendeskripsikan terlebih dahulu penafsiran ayat-ayat syukur menurut Bisyrῑ Muṣṭafā kemudian dianalisis secara mendalam yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan detail terkait penafsiran ayat-ayat syukur dan manfaatnya bagi kehidupan. Dengan menggunakan metode tersebut diperoleh dua kesimpulan: pertama, hanya sedikit penafsiran Bisyrῑ Muṣṭafā yang berbeda dengan tafsir-tafsir klasik yaitu meskipun beliau menafsirkan menggunakan sudut pandang Jawa, namun dalam penafsirannya terdapat keterangan-keterangan yang ilmiah seperti segala sesuatu yang hidup itu terdiri dari empat unsur yaitu unsur tanah, air, udara dan sinar matahari. Penafsiran beliau terkait syukur mengandung beberapa makna di antaranya yaitu bermakna ujian, do’a, balasan syukur dan dorongan agar bersyukur. Adanya tambahan keterangan dalam penafsirannya berupa tanda-tanda seperti tanbih, qissah, muhimmah dan fā’idah yang tidak dimiliki oleh kitab tafsir klasik. Kedua, manfaat syukur sangat penting bagi kehidupan baik di dunia maupun di akhirat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Bahkan dengan bersyukur hidup menjadi lebih indah dan mendorong untuk hidup bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S. Ag
Uncontrolled Keywords: Tafsir ayat- ayat syukur,
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Apr 2017 14:27
Last Modified: 13 Apr 2017 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum