PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERINTEGRASIKAN MEDIA KIT IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Kusumawati, Naniek (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERINTEGRASIKAN MEDIA KIT IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. AL BIDAYAH, Vol. 8 (No. 2). pp. 169-184. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Image (05. Naniek Kusumawati - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERINTEGRASIKAN MEDIA KIT IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR)
cover AL BIDAYAH VOL 8 No 2_Page_1.jpg - Cover Image

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Image (05. Naniek Kusumawati - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERINTEGRASIKAN MEDIA KIT IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR)
cover AL BIDAYAH VOL 8 No 2_Page_2.jpg - Cover Image

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (05. Naniek Kusumawati - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERINTEGRASIKAN MEDIA KIT IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (05. Naniek Kusumawati - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERINTEGRASIKAN MEDIA KIT IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR)
05. Naniek Kusumawati - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERINTEGRASIKAN MEDIA KIT IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstract: This study aimed to develop and implement learning KIT that includes the feasibility of learning KIT and students’ response. This learning KIT was developed by using 4-D model with T-test of one group pretest-posttest design. The research data include; 1) the validity of Lesson plan with 3.86 point which is categorized as very good, BAS with 3.71 point which is categorized as very good, LKS with 3.9 point is categorized as very good, and legibility of BAS with 76,50 point is categorized as medium 2) the implementation of learning KIT included; the feasibility of lesson plan with 99.0 point, the individual students’ science process skill with 90,1 point and the classical one with 100 point and the students’ positive response to the learning. Based on the research result, it can be concluded that the learning kit integrates to natural science KIT media to train students’ science process skill of fifth grade elementary school is properly used. Key words: KIT Media Science, Science Process Skill ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasi perangkat pembelajaran yang meliputi keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan respon siswa. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan menggunakan model 4-D dengan rancangan uji coba one group pretest-posttest design. Data hasil penelitian meliputi: 1) validitas perangkat pembelajaran RPP dengan poin 3.86 dengan kategori sangat baik, BAS dengan poin 3.71 dengan kategori sangat baik, LKS dengan poin 3.9 kategori sangat baik, dan keterbacaan BAS dengan poin 76.50% kategori sedang 2) Implementasi perangkat pembelajaran meliputi keterlaksanaan RPP dengan poin 99.0%, keterampilan proses sains siswa secara individu adalah 90.1%, secara klasikalnya adalah 100% dan respon siswa yang positif terhadap pembelajaran Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berintegrasikan media KIT IPA untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa kelas V sekolah dasar layak digunakan. Kata-kata kunci: Media KIT IPA, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media KIT IPA, Keterampilan Proses Sains, KIT Media Science, Science Process Skill
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 May 2017 11:57
Last Modified: 09 May 2017 11:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25318

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum