PEKERJA ANAK DI DESA PROTO KEC. KEDUNGWUNI KAB. PEKALONGAN JAWA TENGAH (TINJAUAN HUKLIM ISLAM DAN HUKUM POSITII')

KHOLIFATLJRROHMAH, nim. 04350075 (2008) PEKERJA ANAK DI DESA PROTO KEC. KEDUNGWUNI KAB. PEKALONGAN JAWA TENGAH (TINJAUAN HUKLIM ISLAM DAN HUKUM POSITII'). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (I'EKERJA ANAK DL DESA PROTO KEC. KEDUNGWLJNI KAB. PEKALONGAN JAWA TENGAH (TINJAUAN HUKLIM ISLAM DAN HUKUM POSITII'))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (I'EKERJA ANAK DL DESA PROTO KEC. KEDUNGWLJNI KAB. PEKALONGAN JAWA TENGAH (TINJAUAN HUKLIM ISLAM DAN HUKUM POSITII'))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Idealnya, dunia anak adalah dunia kegembiraan, permainan, tanpa beban dan mencerdaskan. Namun pada kenyataannya, tidak semua anak mengalami masa-masa bahagia dan menyenangkan. Banyak dari mereka sudah harus dibebani pekerjaan membantu orang tua untuk mencari natkah. Kondisi seperti ini terjadi juga di desa Proto kec. Kedungvv'L.ni Kab. Pekalongan Jawa Tengah. Sekitar 30% dari jumlah total anak-anak yang bcrusia sckitar 7- 16 tahun adalah pekerja anak. Dengan latar belakang keluarga yang miskin dan putus sekolah, mereka bekerja pada konveksi eelana jeans yang ban yak terdapat di desa Proto. Skripsi ini membahas pekerja anak di desa Proto ditinjau dari hukum Islam dan hukum positif. Pokok masalah yang menjadi tokus penelitian adalah faktor apa yang menyebabkan pekerja anak di desa Proto dan bagaimana tinjauan hukum Islam dan hukwn positif. Jenis penelitian yang digunakan adalah .fi lei research (penelitian lapangan), yaitu pcnelitian secara langsung pada obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang berkaitan dengan pembahasan. Sifat penelitian yang digunakan adalah d eskriplis cmalltis, yaitu mcnjelaskan realitas yang ada menyangkut persoalan peke ja anak yang ada di desa Proto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekata'1 normat f'yuridi .•·. Ketentuan normal ( dalam al-Qur'an dan Hadis serta kctentuan yuridis dalam hukum positif akan dikaji secara menyeluruh berdasarkan topik yang berkaitan, kemudian diinterpretasikan dengan menggunakan kaidah-kaidah hukum yaitu hukum positif maupun hukum Islam. Dari penelitian yang telah penyusun peroleh, temyata kondisi pekeija anak di desa Proto berada dalam eksploitasi dengan waktu bekerja yang cukup panjang yaitu antara 8 sampai 10 jam sehari dan mendapatkan upah yang minim yaitu Rp . I 0.000 per hari. Faktor utama yang mcnyobabkan anuk-anak tersebut bckcrja adalah faktor kemiskinan, budaya serta penawaran dan pem1intaan. Dalam ketentuan hukum Islam keberadaan pekerja anak tidaklah dibenarkan, karena membawa kernudharatan. Kondisi dan dampak yang ditimbulkan pekerja anak berbahaya dan mengganggu pendidikan dan perkembangan fisik, mental, spiritual dan moral atau sosial anak. Akan tetapi pada hukum positif yaitu datam UU Ketenagake jaan pasal69 ayat (2) dijelaskan anak diperbolchkrn bekerja dengan ketentuan adanya batasan waktu kerja, yaitu 3 jam sehari dan bekerja pada iang hari .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: I. PROF. DR. KHOIRUDDIN NASUTION, MA. 2. DRA. HJ. ERMI SVHASTI S, M.SI
Uncontrolled Keywords: Pekerja anak, Tinjauan hukum Islam
Subjects: Ilmu Hukum
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jun 2017 12:02
Last Modified: 08 Jun 2017 12:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum