KESIAPAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MENYOSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN SLEMAN YOGYAKRTA

Hidayati, Wiji (2013) KESIAPAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MENYOSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN SLEMAN YOGYAKRTA. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, Yogyakarta.

[img] Text (KESIAPAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MENYOSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN SLEMAN YOGYAKRTA)
Wiji Hidayati - Kesiapan Guru Akidah Akhlak.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Kesiapan Guru Akidah Akhlak dalam Pembelajaran Tematik Integratif Menyosong Implementasi kurikulum2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Sleman Yogyakarta” Fokus penelitian adalah Kesiapan Guru Akidah Akhlak terhadap adanya perubahan Kurikulum 2013 termasuk pada elemen perubahan empat Standar Nasional Pendidikan , yaitu Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian. Perubahan keempat elemen sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Perlu Penerapan guru kelas yang maksimal, sekaligus bagaimana melakukan kolaborasi dengan guru lain, yang mengampu mata pelajaran yang berbeda, sehingga saling melengkapi dalam pembelajaran tematik integratif. Perlu tersedia panduan, acuan perundangan terkait perangkat kurikulum 2013, kelengkapan administrasi guru, tersedia fasilitas baik berupa media, alat peraga, sumber belajar yang memadai serta sarana dan prasarana lainnya yang diperlukan dalam proses pembelajaran untuk mendukung diterapkan pembelajaran tematik integrative di Madrasah Ibtidaiyah. Para guru merekomendasikan adanya kegiatan sosialisasi dilanjutkan pelatihan, workshop kurikulum 2013. Tersusunnya laporan penelitian ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada pimpinan lembaga penelitian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengajukan proposal penelitian, kemudian dinyatakan diterima sebagai peneliti pada tahun 2013 ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Guru, akidah akhlak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Penelitian > 1. Pegawai dan Dosen
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Jun 2017 10:39
Last Modified: 09 Jun 2017 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum