PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, SISWA KELAS I MTS NU MUALLIMAT KUDUS (TINJAUAN PROBLEMATIKA NON LINGUISTIK).

UMMI FARIKHAH, NIM. 00420402 (2006) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, SISWA KELAS I MTS NU MUALLIMAT KUDUS (TINJAUAN PROBLEMATIKA NON LINGUISTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, SISWA KELAS I MTS NU MUALLIMAT KUDUS (TINJAUAN PROBLEMATIKA NON LINGUISTIK).)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, SISWA KELAS I MTS NU MUALLIMAT KUDUS (TINJAUAN PROBLEMATIKA NON LINGUISTIK).)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnendeskripsikan dan rnenganalisis secara kritis tentang problematika non linguistik dalam pembelajaran bahasa Arab, serta apa yang menyebabkan terjadinya problematika non linguistik di MTs NU Muallimat Kudus. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi lembaga tersebut guna meningkatkan keberhasilan pembelajaran bahasa Arab Penelitian ini merupakan penelitian kualilatif dengan mengambil latar belakang MTs NU Muallimat Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik yaitu apabila data telah terkumpul, maka diklasilikasikan menjadi dua kelompok data yaitu kualitatif dan kuantitatif kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (I) secara umum, proses pembelajaran bahasa Arab MTs NU Muallimat Kudus telah berjalan cukup baik tetapi tetap muncul beberapa problematika, khususnya yang berkaitan dengan fak'tor non linguistik. (2) problematika non linguistik dari faktor internal siswa yang bersifat fisiologis (jasmaniah) dan psikologis (rohaniah) seperti kecerdasan, sikap, minat clan bakat para siswa sudah cukup mendukung dalam pcmbelajaran bahasa Arab, hanya faktor motivasi yang belum rnaksimal, problematika non linguistik dari faktor eksternal siswa seperti lingkungan keluarga dan masyarakat cukup berpengaruh dalam pembelajaran bahasa Arab. (3) Rendahnya motivasi, khususnya yang berasal dan dalam diri siswa (motivasi intrinsik), serta kurangnya perhatian keluarga dan masyarakat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: Perasaan takut sejak awal terhadap pelajaran bahasa Arab, atau adanya persepsi awal bahwa pelajaran bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit, latar belaknng pendidikan dan budaya yang berbeda sehingga mcngakibatkan adanya heterogenitas dalam kelas, dorongan mengikuti peiajaran bahasa Arab karena terpaksa atau hanya berorientasi untuk: mengejar nilai, terbatasnya waktu para siswa untuk belajar karena terpakai untuk membantu pekerjaan orang tua dan kegiatan di masyarakat, situasi dan kondisi lngkungan keluarga dan masyarakat kurang kondusif pengetahuan keluarga dan masyarakat tentang bahasa Arab masih rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Achmad Warid, M.Ag., NIP.150241647
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 12 Jun 2017 09:28
Last Modified: 12 Jun 2017 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum