PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH TSANA WIYAH NEGERI PARAKANTEMANGGUNG

MUJINAH, NIM. 99424510 (2005) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH TSANA WIYAH NEGERI PARAKANTEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH TSANA WIYAH NEGERI PARAKANTEMANGGUNG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH TSANA WIYAH NEGERI PARAKANTEMANGGUNG)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan tentanr upaya-upaya dalam proses meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab para sis\\·J di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parakan Temanggung. Adapun permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini, bahwasanya motivasi belajar peserta did i k merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan be!ajar. Dalam buku Pedoman Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Untuk MTs disebutkan bahwa motivasi menjadi salah satu faktor penentu dalam pencapaian prestasi bahasa Arab. Dengan demikian meiupakan tugas guru bahasa Arab khususnya dan lembaga sekolah yang harus dapat menumbuhkembangkan motivasi belajar pada diri siswa. Hal ini berdasar dari berbagai penemuan penelitian yang menunjukkan bahwa hasil belajar pada umumnya meningka! jika motivasi untuk belajar bertambah. Motivasi untuk berprestasi pada diri siswa cukup mempengaruhi intelektual siswa dalam belajar. Metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview dan angket. Data ini kemudian di analisis dengan menggunakan metode deskripsi analitis dan kritis dengan menggunakan pola analisis deduktif dan induktif. Hasil dari penelitian ini menu nj u k kan bahwa kebanyakan siswa mempunyai motivasi cukup baik atau kw11 motivasi belajar siswa tersebut tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh para guru bahasa arab juga pihak sekolah untuk terns meningkatkan moti v;:tsi belajar para siswanya. Hal ini dilakukan mengingat karena MTsN tersebm sebagai MTs Model yang menjadi percontohan bagi MTS yang lainnya. Upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi belajar yang dilakukan guru yaitu memakai prinsip-prinsip bentuk motivasi di sekolah yaitu tujuan yang diakui, minat, hasrat untuk belajar, pujian, hukuman, mengetahui hasil, ego involvement, persaingan (kompetisi), hadiah dan memberi nilai. Hasil dari apa yang telah mereka lakukan cukup efektif sehingga menimbulkan efek yang positif untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab, sehingga mencapai tujuan yang diharapkan dari proses pembelajaran bahasa Arab sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si,
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar bahasa arab, Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Jun 2017 11:00
Last Modified: 13 Jun 2017 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum