EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE RESITASI DENGAN PENDEKATAN KETRAMPLLAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMA TIKA POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS PADA SISW A KELAS V1D MTSN TULUNG KABUPATEN KLATEN

NAFIS SUNIYATI, NIM. 01430628 (2006) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE RESITASI DENGAN PENDEKATAN KETRAMPLLAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMA TIKA POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS PADA SISW A KELAS V1D MTSN TULUNG KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE RESITASI DENGAN PENDEKATAN KETRAMPLLAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMA TIKA POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS PADA SISW A KELAS V1D MTSN TULUNG KABUPATEN KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE RESITASI DENGAN PENDEKATAN KETRAMPLLAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMA TIKA POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS PADA SISW A KELAS V1D MTSN TULUNG KABUPATEN KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui apakah penerapan metode resitasi dengan pendekatan ket:rampilan proses pada pembelajaran matematika pokok bahasan dahl pythagoras memberikan hasil belajar yang 1ebih efektif daripada pembelajaran dalil pythagoras yang menggunakan metode resitasi dengan pendekatan konvensional. Populasi yang menjadi generalisasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tulung Kabupaten Klaten tahun ajaran 2005/2006. Penelitian ini tennasuk jenis penelitian populasi karena subjek dalam penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari dua kelas paralel, yaitu kelas VIII A dan kelas VJU B. Dengan cara pengundian diperoleb kclas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas Vlll B sebagai kelas kontrol. Pengarnbilan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan angket. Benlasarkan hasil uji instrumen tes penelitian diperoleh 28 butir soal tes yang d.inyatakan sahih dengan koefisien sebesar 0,375 sampai dengan 0,863, rbt sebesar 0,316 sampai dengan 0,811 dan p sebesar 0,000 sampai dengan 0,043 dan ( p 0,050 ) dan koefisien reliabilitas 0,938 0,70 dengan p=O,OOO. lnstrumen angket diperoleh 4 faktor sahib dengan koefisien sebesar 0,528 sampai dengdD 0,877, rbt sebesar 0,404 sampai dengan 0,759 dan p sebesar 0,000 sampai dengan 0,015 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,802. Analisis yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan komparatif dcngan uji-t. Uji prasyarat menggunakan, ( 1) uji nonnalitas diperoleh Xbit Xtab yaitu pada kelas eksperimen pre test = 6,977 16,919 dan post-test = 8,906 15,507,. sedangkan pada kelas kontrol pre test= 12,098 16,919 dan post-test = 11.468 15 .507. ( 2 ) uji homogenitas nilai pre-test diperoleh X2 hit sebesar 0,202 3,841 , sedangkan uji homogeuitas nilai post-test X2 hit sebesar 3,327 3,841. Hasil analisis memmjukkan bahwa, (1) Pembelajaran yang menggunakan metode resitasi dengan pendekatan ketrampilan proses lebih efektif dari pembelajaran yang menggunakan metode resitasi dengan pendekatan konvensional, ditunjukkan dengan basil uji-t yang diperoleh t:hit sebesar 1,804 1,671 dan p = 0,073 ( p 0.050).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sukiman, Mpd
Uncontrolled Keywords: Efekti.fitas, Metode Resitasi, Pendekatan Ketrampilan Proses, Hasil Be/ajar Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Jun 2017 08:51
Last Modified: 14 Jun 2017 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum