USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKA TKAN PRESTASI RANAH AFEKTIF SISWA Sl> MlJHAMMAOIYAH WIRORRA.JAN I YOGYAKARTA

Engga lsnainiyasari, NlM. 01410720 (2006) USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKA TKAN PRESTASI RANAH AFEKTIF SISWA Sl> MlJHAMMAOIYAH WIRORRA.JAN I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKA TKAN PRESTASI RANAH AFEKTIF SISWA Sl> MlJHAMMAOIYAH WIRORRA.JAN I YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKA TKAN PRESTASI RANAH AFEKTIF SISWA Sl> MlJHAMMAOIYAH WIRORRA.JAN I YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ENGGA ISNAINIYASARI. Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Ranah Atektif Siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang usaha guru PAI dalam meningkatkan Prestasi Ranah Afektif Siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan I Yogyakarta dan menganalisis hasil yang dicapai dari usaha-usaha tersebut serta faktor pendukung dan penghambat yang ditemui saat pelaksanaan usaha tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi tambahan bagi b'ltru dalam meningkatkan prestasi Ranah Mektif para siswanya dan agar pelaksanaan nantinya dapat berhasil. Dalam hal ini SO Muhammadiyah Wirobrajan T Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan Majelis Muhammadiyah, mempergunakan istilah bidang studi Pendidikan Al-Tslam untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAT) yang ruang lingkup dan w1sur-unsur pokok mata pelajarannya mencal-up wtsur Aqidah, lbadah/Mu'amalah, Akhlaq, AI-Qur'an, dan Tarikh. Dalam pelaksanaan pendidikan agama guru merupak:an alat ampuh untuk memberikan pembelajaran yang baik terhadap anak didiknya. Guru dalam menyampaikan materi PAI dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah kemampuan anak itu sendiri atau kondisi dan karakteristik siswanya. Tingkat keberhasilan belajar atau studi siswa dapat tercermin dari rapor, pendalaman dan pengamalan selama mengikuti proses belajar mengajar. Namun, rapor bukan jaminan keberhasilan dalam mendidik agama pada anak, karena masih ada aspek keberhasilan lain yang harus dicapai siswa, yaitu keberhasilan afektif dan keberhasilan psikomotorik . Dalam tulisan ini nulis ingin meneliti tentang prestasi ranah afektif siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan I Yogyakarta yang tidak hanya memandang prestasi dari hasil dirapor, tetapi suatu hasi1 belajar yang berupa perubahan sikap dan nilai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari data­ data kuantitatif. Analisis datanya menggunakan metode Analisa Kualitatif (DeskriptifAnalitik non Statistik). Sebagai penelitian lapangan, pengumpulan data skripsi ini diperoleh dengan metode observasi, intervie·w I wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis datanya dapat diketahui bahwa usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi ranah afektif siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta telah direncanakan dengan baik dan diterapkan secara maksimal. Metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi di kelas bervariasi antara menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan pemberian tugas. Selain itu, dari basil penelitian ini juga diketahui adanya perubahan sikap dan prilaku siswa yang cukup signifikan sekaligus basil prestasi belajar yang diperoleh pada tes Sumatif I semester 1 tahun ajaran 2005/2006 pada mata pelajaran PAI menut ukkan rata-rata adalah 8, attinya tennasuk pada kategori haik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H.M Asrori Ma'ruf, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, ranah afektif, SD Muh. Wirobrajan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Jun 2017 14:55
Last Modified: 14 Jun 2017 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25542

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum