METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA SISWA MTSN WIROSARI KAB. GROBOGAN

ROHIMATUSH SHOFIYA, NIM. 0141 0657 (2005) METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA SISWA MTSN WIROSARI KAB. GROBOGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL P ADA SISW A MTSN WIROSARI KAB. GROBOGAN)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL P ADA SISW A MTSN WIROSARI KAB. GROBOGAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (229MB)

Abstract

Penelitian m1 bertujuan untuk mendiskripsikan tentang metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai moral pada siswa MTsN Wirosari Kab. Grobogan dan menganalisis keefektifan metode-metode tersebut serta faktor pendukung dan penghambat yang ditemui saat pelaksanaan metode tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi tambahan bagi guru dalam menanamkan nilai ·moral pada para siswanya dan agar pelaksanaan nantinya dapat berhasil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTsN Wirosari Kab. Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.-Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai moral pada siswa adalah dengan pemberian nasihat, pemberian teladan atau contoh dalam berakhlakul karimah, pemberian tugas secara individu dan secara berkelompok agar siswa dapat bersosialisasi dengan yang lain, pembiasaan perilaku-perilaku yang mulia dan dengan pemberian teguran dan hukuman apabila siswa melakukan suatu kesalahan. (2) Dalam pelaksanaan metode tersebut secara garis besar dapat dikatakan efektif akan tetapi ada sedikit ketidakberhasilan metode tersebut karena ada sedikit pelanggaran berat yang dilakukan oleh tujuh siswa yang mengakibatkan siswa tersebut akhirnya dikeluarkan dari sekolah. (3) I.;aktor pendukung dalam pelaksanaan penanaman nilai moral pada siswa adalah: a) Adanya dukungan dari Kepala Sekolah, dewan guru lain dan dari pegawai b) Adanya kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami yang dilaksanakan di sekolah yang dapat dijadilkan sebagai wahana penanaman nilai moral, c) adanya kerjasama guru Aqidah Akhlak dengan guru BP. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam metode tersebut adalah: I) adanya sebagian siswa yang kurang merespon usaha tersebut, 2) adanya keterbatasan waktu jam pelajaran Aqidah Akhlak yang hanya dua jam perlajaran dalam satu minggu, 3) belum adanya kerjasama yang harmonis antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, 4) kurang adanya kerjasama antara sekolah dan masyarakat sekitar sekolah sehingga kurang ada kontrol dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Marhumah, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Nilai Moral, MTsN Wirosari Grobogan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Jun 2017 09:13
Last Modified: 15 Jun 2017 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum