METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH ARRAHMAH DESA PURWOTENGAH KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI (Tinjauan Efektivitas Metode)

RISNA ARFI SAIDIYAH, NIM.00420481 (2006) METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH ARRAHMAH DESA PURWOTENGAH KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI (Tinjauan Efektivitas Metode). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Metode Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Arrahmah Desa Purwotengah Kecamatan Papar Kabupaten Kediri (Tinjauan Efektivitas Metode ). Penyusunan skripsi ini difokuskan pada penelitian tentang efektivitas penggunaan metode pengajaran bahasa Arab di MI tersebut. Adapun rumusan masalahnya adalah metode apa saja yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab di MI Arrahmah, bagaimana petaksanaannya; dan bagaimana tingkat efektivitas penggunaan metodenya. Dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode pengajaran bahasa apa saja yang digunakan di Ml Arrahmah, bagaimana pelaksanaannya dan bagaimana tingkat efektivitas penggunaan metodenya Subyek dalam penelitian ini adalah semua sumber data yang diperlukan yaitu Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, guru bahasa Arab dan siswa MI Arrahmah itu sendiri yaitu kelas IV, V dan VI yang berjumlah 81 siswa. Mengingat jumlah dari populasi dalam penelitian ini tidak besar yaitu sejumlah 81 siswa maka dalam penelitian ini penulis menngunakan metode populasi. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan metode tes. Penelitian ini bersitat deskriptif eksploratif . Karena data penelitian ini bersifat kuantitatif (yang berwujud angka-angka hasil perhitungan atau pengukuran) maka dalam .menganalisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif statistik. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif eksploratif, digambarkan dalam penelitian ini hal-hal yang menyangkut kurikulum, metode pengajaran bahasa Arab/asing secara teoritis dan yang digunakan di madrasah tersebut, keadaan sekolah, guru, siswa, prestasi belajar siswa dan sebagainya. Dari penggambaran tersebut diketahui bahwa dari berbagai metode yang digunakan maka secara umum pelaksanaannya dilakukan dengan cara pencampuran metode seperti yang dijelaskan dalam electic methode atau metode campuran. Sedangkan dilihat dari analisis prestasi belajar siswa dari nilai asli semester I dan nilai basil tes penulis pada mata pelajaran bahasa Arab tahun pelajaran 2005/2006 diperoleh rata-rata nilai yang dicapai siswa sebesar 66,64 (mean nilai asli semester I) dan 66,51 (mean nilai tes lisan dari penulis) yang berarti bahwa penggunaan metode pengajarannya telah berlangsung secara efektif. Dari basil perhitungan mean nilai asli siswa semester I dan nilai tes lisan, tidak terdapat perbedaan yang signifikan karena hasilnya sama-sama termasuk ke dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H.MUALLIF SYAHLANI,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: METODE PENGAJARAN, BAHASA ARAB, MADRASAH IBTIDAIYAH
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 16 Jun 2017 09:46
Last Modified: 16 Jun 2017 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum