PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III

ABDUL WAHAB, NIM.00420476 (2006) PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Abdul Wahab. Pelaksanaan Penilaian Berbasis Kelas Mata Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum Berbasis Kelas (KBK) Di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana MAN Yogyakarta III menerapkan Penilaian Berbasis Kelas (PBK) pada pelajaran bahasa Arab semester 1/ganjil, tahun pelajaran 2005/2006. PBK pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah disahkan dan diberlakukan oleh Departemen Agama Rl mulai tahun 2004. PBK adalah sistem penilaian proses dun hasil helajar siswa yang berusaha mengangkat penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik secara menyeluruh. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai evaluasi terhadap penerapan PBK serta hahan pertimbangan bagi pengembangan dan peningkatan efektifitas implementasi PBK pelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta III pada khususnya, untuk Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah serta sekolah-sekolah umum yang mengajarkan pelajaran bahasa Arab pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus (Case Studies) Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu metode induktif. Adapun pengumpulan data ddakukan dengan metode observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan: (I) Implementasi Penililian berbasis Kelas (PBK) ranah kognitif pelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta III sudah tepat/sesuai dengan konsep PBK bahasa Arab Madrasah Aliyah yang ditetapkan oleh Departemen Agama RI. Sedangkan implementasi PBK ranah afektif dan psikomotorik pelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta III belum tepat/sesuai dengan konsep PBK bahasa Arab Madrasah Aliyah yang ditetapkan oleh Departemen Agama Rl. (2) Hambatan/kendala dalam implementasi PBK pelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarw III ada tiga faktor antara lain: hambatan/kendala yang disebabkan oleh faktor guru bahasa Arab, hambatan/Kendala yang disebabkan oleh faktor siswa dan hambatan/kendala yang disebabkan oleh faktor lemahnya administrasi PBK pelajaran bahasa Arab MAN Yogyakarta III. (3) Usaha-usaha atau langkah-langkah yang ditempuh untuk mengatasi hambatan/kendala dalam implementasi PBK bahasa Arab di MAN Yogyakarta III, yaitu: a.Guru bahasa Arab mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat), seminar-seminar atau workshop tentang konsep PBK dan implementasinya di sekolah/madrasah. b. Guru bahasa Arah mengikuti rapat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Madrasah Aliyah DIY, setiap bulan sekali. c. Mengadakan program kegiatan observasi kelas antar guru mata pelajaran. d. Mengadakan rapat guru mata pelajaran sesuai dengan rumpun mata pelajaran masing-masing. e. Guru berusaha semaksimal mungkin untuk membenahi administrasi PBK secara bertahap dan konsisten. f. Pihak madrasah melengkapi media pembeiajaran bahasa Arab, misalnya: menyediakan sarana prasarana untuk majalah dinding berbahasa Arab, melengkapi buku-buku pedoman PBK untuk guru bahasa Arab, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PENILAIAN BERBASIS KELAS, BAHASA ARAB, KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI(KBK)
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 21 Jun 2017 13:24
Last Modified: 21 Jun 2017 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum