PENURUNAN KADAR BOD, COD, DAN Cd PADA PENGOLAHAN LINDI/LEACHATE (AIR SAMPAH) YANG BERASAL DARI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH PIYUNGAN YOGYAKARTA DAN TINJAUAN ISLAM TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN

NURLAELA FARIDA, NIM.01440916 (2006) PENURUNAN KADAR BOD, COD, DAN Cd PADA PENGOLAHAN LINDI/LEACHATE (AIR SAMPAH) YANG BERASAL DARI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH PIYUNGAN YOGYAKARTA DAN TINJAUAN ISLAM TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan kadar BOD, COD, dan Cd pada proses pengolahan lindi yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Piyungan Yogyakarta setelah dilakukan proses pengolahan Iindi tahap pertama menggunakan kapur, alum, dan magnaflok, dan tahap kedua menggunakan zeolit alam aktif; dan mengetahui tinjauan Islam terhadap pencemaran lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran kadar BOD, COD, dan Cd pada lindi sebelum pengolahan, setelah penambahan kapur pengolahan tahap pertama, setelah penambahan alum dan flak pengolahan tahap pertama, dan setelah pengolahan tahap kedua. Kadar BOD ditentukan dengan menghitung selisih oksigen terlarut segera dengan pada hari kelima, kadar COD dengan menghitung selisih penggunaan Jarutan standar pada titrasi blangko dengan cuplikan, dan kadar Cd ditentukan berdasarkan data Iarutan standar Cd, yaitu dengan r=0.99984 (sangat signifikan), F reg= 25064.873 (linear), dan menentukan persamaan garis regresi yaitu v = 0.22857x + 0.00108. kemudian memasukkan nilai absorbansi cuplikan pada persamaan tersebut. Kadar BOD. COD, dan Cd yang didapat, dihitung persentase penurunannya dengan batas ketangguhan U= X± t.SBI N-1 Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kadar BOD, COD, dan Cd setelah proses pengolahan tahap pertama, adanya penurunan kadar BOD dan COD setelah proses pengolahan tahap kedua, dan tidak adanya penurunan kadar Cd setelah proses pengolahan tahap kedua. Kapur, alum, dan magnaflok berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan kadar BOD, COD, dan Cd. Zeolit alam aktif (zeolit-H) berpengaruh terhadap penuruan kadar ROO dan COD, dan tidak berpengaruh terhadap kadar Cd. Analisis Islam menunjukkan bahwa pencemaran lingkungan adalah salah satu bentuk perusakan, dan segala bentuk perusakan dilarang dalam Islam. Al-Qur'an menyebutkan perintah Allah untuk menjaga dan memelihara Iingkungan, serta melarang segala bentuk perusakan. Menjaga lingkungan atau berbuat baik terhadap alam merupakan salah satu bentuk kewajiban manusia, di samping kewajiban untuk berbuat baik terhadap Allah sebagai khalik dan terhadap sesama manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Sudiono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: KADAR BOD, COD, DAN Cd, LINDI/LEACHATE, TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR(TPA)
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 22 Jun 2017 07:56
Last Modified: 22 Jun 2017 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum