PROFIL GURU BAGI ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Kajian Tentang Buku Mereka Bukan Anakku Jalinan Kasih yang Tersisih Karya Torey Hayden)

RR. MIFTAH KIDSAT NURWATI, NIM.01410851 (2006) PROFIL GURU BAGI ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Kajian Tentang Buku Mereka Bukan Anakku Jalinan Kasih yang Tersisih Karya Torey Hayden). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

MIFTAH KHISAT NURWATI. Profil Guru Bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Buku Mereka Bukan Anakku Jalinan Kasih yang Tersisih Karya Torey Hayden). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang profil guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus dalam buku Mereka Bukan Anakku Jalinan Kasih yang Tersisih karya Torey Hayden, dan bagaimana implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian literature atau kepustakaan, dengan mengangkat buku Mereka Bukan Anakku Jalinan Kasih yang Tersisih karya Torey Hayden sebagai obyek kajian. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yaitu melalui benda-benda tertulis berupa buku-buku, majalah, dokumen, penuturan-penuturan, internet, dan sebagainya yang mendukung kajian penelitian. Sedangkan Analisis datanya menggunakan metode content analysis dengan hermeneutic sebagai pendekatannya, yaitu berusaha mencari makna yang paling optimal dalam memahami pesan yang terdapat dalam karya sastra, sehingga kesahihan data didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profil guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang digagas oleh Torey Hayden dalam buku Mereka Bukan Anakku Jalinan Kasih yang Tersisih tidak bertentangan dan relevan dengan Pendidikan Islam bagi pedoman penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam yang meliputi kompetensi, profesional, personal dan sosial serta keahlian khusus guru. Ketiga kompetensi tersebut mewakili gambaran ideal profil guru. (2) Terdapat implikasi yang cukup urgen dari pemikiran Torey Hayden bagi Pendidikan Islam, dalam hal kompetensi pendidik dan metode yang diterapkan Torey Hayden dalam pembelajaran, bahwa pendidik hendaknya mampu meningkatkan kompetensi secara profesional, personal dan sosial serta menciptakan dan mengembangkan sistem pendidikan yang dialogis untuk menggali dan mengembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh peserta didik sebagai upaya menghantarakan kemandirian dan keberhasilan belajar. Karena kemandirian dan keberhasilan peserta didik tidak: terlepas dari peran pendidik dalam pembelajaran. Untuk itu menjadi tugas dan tanggung jawab guru untuk terus menerus meningkatkan kompetensi dan mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam sebagai bagian dari kurikulum dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muqowim, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: GURU, ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS,Torey Hayden
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 22 Jun 2017 08:44
Last Modified: 22 Jun 2017 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum