PONDOK PESANTREN SEBAGAI UNGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DI MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

DIAN PRIMAYANTI NORMASARI, NIM. 00410408 (2005) PONDOK PESANTREN SEBAGAI UNGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DI MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PONDOK PESANTREN SEBAGAI UNGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA INTERNA LISASI NILAI-N1LAIAJARAN ISLAM DI MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PONDOK PESANTREN SEBAGAI UNGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA INTERNA LISASI NILAI-N1LAIAJARAN ISLAM DI MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

DIAN PRIMAYANTI NORMASARI, Pondok Pesantren Sebagai Lingkungan Pendidikan Dalam Upaya Internalisasi Nilai-nilai Ajaran Islam Di Madrasah Mu ’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pengembangan madrasah dalam melakukan internalisasi nilai-nilai ajaran Islam melalui pondok pesantren, dan bagaimana proses internalisasi nilai-nilai ajaran Islam tersebut dilaksanakan serta bagaimana pengaruh pondok pesantren sebagai lingkungan pendidikan dalam upaya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi lembaga tersebut untuk meningkatkan mutu pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang pondok pesantren Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini juga mengambil data lewat penyebaran angket untuk memperkuat data-data yang bersifat deskriptif. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengembangan yang dilakukan oleh Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam melakukan internalisasi nilai-nilai ajaran Islam melalui pondok pesantren secara garis besar dapat di golongkan menjadi dua. Yang pertama dari segi fisik yaitu dengan melakukan penambahan jumlah asrama dan melakukan perbaikan-perbaikan bangunan asrama. Yang kedua dari segi non fisik, yaitu dengan meningkatkan kualitas pengelolaan asrama, baik dari segi kemampuan pamong dan musyrifah, maupun dari desain kegiatan pembelajaran yang diberlakukan. (2) Proses internalisasi nilai-nilai ajaran Islam yang dilaksanakan oleh Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah melalui seluruh proses kegiatan yang ada di asrama, dengan menggunakan metode pembiasaan dan rewadh and punisment. Seluruh kegiatan yang diadakan mengacu pada pada desain program kegiatan pembelajaran yang sudah ada. Yang mana pelaksanaannya di sesuaikan dan dikembangkan oleh masing-masing asrama. (3) Pondok pesantren sebagai lingkungan pendidikan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta memberi pengaruh dalam internalisasi nilai-nilai ajaran Islam pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jun 2017 13:07
Last Modified: 22 Jun 2017 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum